Sabtu 21 Mar 2015 06:32 WIB

Hindari Amukan Massa, Penjahat Dibuatkan Safety House

Penjahat Cilik (ilustrasi)
Foto: Antara
Penjahat Cilik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PANJANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), menyediakan rumah aman (safety house) di setiap Rukun Tetangga (RT), untuk mengamankan penjahat yang tertangkap tangan agar tidak terjadi penghakiman oleh massa.

Wali Kota (Wako) Padang Panjang, Hendri Arnis melalui Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Ampera Salim mengatakan rumah aman tersebut merupakan satu rumah yang dipilih di setiap RT di 16 kelurahan di kota itu.

"Bila ada pencuri yang tertangkap oleh warga yang ronda malam, dia akan dibawa ke rumah aman tersebut. Selanjutnya aparat kepolisian akan menjemput ke rumah itu untuk proses hukum selanjutnya," katanya, Jumat (20/3).

Dalam menciptakan suasan aman di kota yang berjuluk Serambi Mekah itu, Pemkot Padang Panjang bekerjasama dengan pihak Kepolisian. Kerja sama pembuatan rumah aman dan peningkatan ronda malam ini, telah dimulai di Kecamatan Padang Panjang Barat oleh Camat bersama Kepolisian Sektor dan Komando Rayon Militer (Koramil) Padang Panjang.

Setidaknya Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kecamatan ini beberapa waktu lalu telah melakukan sambang kamtibmas, yaitu berkunjung ke Kelurahan Silaing Bawah melihat kesiapan warga untuk meningkatkan Kamtibmas di kelurahan itu.

Menurut Camat Padang Panjang Barat, Rudi Suarman didampingi Kapolsek Yulandi bersama Danramil Syafrialis mengatakan, setiap kelurahan di daerahnya akan dijadikan sebagai kelurahan siaga.

Selain ronda malam dan rumah aman, juga akan disiapkan satu mobil setiap malam yang digunakan untuk mengantarkan warga yang sakit di malam hari ke rumah sakit.

Sementara itu Kapolsek Padang Panjang Barat, Yulandi menambahkan, pihaknya siap memberikan rasa aman kepada masyarakat. Karena itu pula soal Kamtibmas menjadi perhatian bagi kepolisian.

"Kami siap melayani dengan memberikan kenyamanan kepada warga, karenanya sesuatu yang akan memancing kejahatan segera kita tertibkan," tegasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement