Kamis 19 Mar 2015 09:09 WIB

Cicip Nikmatnya Kopi Minang, Yuk ke Festival Kopi Sumatra Barat!

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Angga Indrawan
Biji Kopi (Ilustrasi)
Biji Kopi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar 'Festival Original Kopi Sumatera Barat Tahun 2015'. Festival kekayaan alam tanah Minang itu digelar di Gedung Sapta Marga Korem 032 Wirabraja (WBR), Kamis (19/3).

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, mengatakan festival ini akan memberikan manfaat yang luar biasa terhadap Sumatera Barat. Terlebih, juri yang didatangkan berasal dari luar wilayah Sumbar.

"Hal tersebut bisa menjadi nilai tambah dan juga daya saing. Serta, harga kopi tentunya akan meningkat dari harga sebelumnya," kata dia di Padang, Sumbar, Kamis (19/3).

Ia menuturkan, kualitas kopi di Sumbar sangat bagus. Bahkan, ujar Irwan, menurut para pencinta kopi, kopi Sumbar merupakan salah satu kopi yang memiliki cita rasa terbaik.

"Ini dibuktikan dengan kopi yang ada di Sumbar, sudah memiliki pasar sampai ke Jakarta, Yogyakarta bahkan sampai keluar negeri yaitu Belanda, Australia dan Thailand," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk pengembangan kopi, dirinya akan melaksanakan pembinaan melalui dinas-dinas terkait. Terutama bagi para kelompok tani yang memproduksi kopi.

"Mulai dari tahap menanam, memelihara dan pasca panennya, sehingga kedepan akan menghasilkan produksi kopi yang lebih berkualitas lagi," tambah Irwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement