Ahad 15 Mar 2015 23:11 WIB

Yogyakarta Kembangkan 20 Lokasi Sarana Air Bersih

Sarana air bersih yang dimanfaatkan warga (ilustrasi).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Sarana air bersih yang dimanfaatkan warga (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah Kota Yogyakarta menyiapkan empat paket pekerjaan penyediaan sarana prasarana air bersih dan penyehatan lingkungan yang akan tersebar di sedikitnya 20 lokasi.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendukung pemenuhan kebutuhan air minum bagi masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah," kata Kepala Bidang Permukiman dan Saluran Air Limbah Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kota Yogyakarta, Hendra Tantular di Yogyakarta, Ahad.

Menurut dia, Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah Kota Yogyakarta akan memasang peralatan "treatment" dan "reverse osmosis" (RO) yang ditempatkan di sumur milik warga, khususnya sumur yang berada di tempat mandi cuci kakus (MCK) komunal.

Peralatan tersebut, lanjut Hendra, dapat digunakan untuk menyaring berbagai partikel dan bakteri yang terkandung di air sumur sehingga air sumur yang dikonsumsi menjadi lebih bersih dan memenuhi baku mutu kesehatan.

"Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa pihak, air sumur warga banyak mengandung bakteri e-coli. Harapannya, dengan adanya peralatan RO itu, air menjadi lebih sehat dan layak dikonsumsi," katanya.

Pada tahun 2015, program penyediaan sarana dan prasarana air minum tersebut terbagi dalam empat paket. Paket pertama ditujukan untuk Kecamatan Tegalrejo, Jetis, Gedongtengen dan Ngampilan.

Paket kedua ditujukan untuk Kecamatan Gondokusuman, Danurejan dan Kelurahan Prawirodirjan yang berada di Kecamatan Gondomanan. Paket ketiga untuk Kecamatan Mantrijeron, Kelurahan Ngupasan di Kecamatan Gondomanan dan Kelurahan Wirogunan di Kecamatan Mergangsan.

Paket keempat ditujukan untuk Kecamatan Umbulharjo, Kotagede, dan Kelurahan Brontokusuman di Kecamatan Mergangsan. "Setiap paket, diberikan kuota pemasangan RO di lima titik," katanya.

Selain memberikan sarana dan prasarana air minum, di dalam program tersebut juga dilakukan perbaikan kondisi sumur dan MCK warga apabila belum memenuhi syarat kesehatan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement