Selasa 10 Mar 2015 09:57 WIB

Golkar: Dana Bantuan Parpol akan Sehatkan Parpol

Rep: C26/ Red: Didi Purwadi
Indra J Piliang
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Indra J Piliang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politisi Partai Golkar, Indra J. Piliang, mendukung wacana pemerintah memberikan bantuan untuk partai politik.  Menurutnya, bantuan ini nantinya akan menyehatkan parpol.

"Tujuannya bukan untuk meminimalisir korupsi sih sebenarnya, tapi untuk menyehatkan parpol," ujar Indra kepada Republika.co.id.

Ia mengatakan saat ini parpol menjadi ajang pertarungan orang-orang yang ingin mendapatkan kekuasaan. Kemudian, setelah berkuasa dia ingin mendapatkan kekayaan untuk menggantikan modalnya selama mengurus partai. Dana ini dikeluarkan masing-masing partai lewat iuran anggotanya.

Oleh karena itu, menurut Indra, bantuan pemerintah ini akan mendukung kegiatan parpol. Anggota parpol tidak perlu iuran besar-besaran untuk menjalankan sebuah program. Parpol adalah tulang punggung kemajuan negara sehingga bantuan pemerintah sudah menjadi haknya.

Melihat hal itu, ia mengatakan nantinya orang-orang yang masuk partai tidak perlu memikirkan dana yang harus diberikannya. Mereka yang ingin berpartisipasi di parpol memang orang yang benar-benar berkomitmen membangun negara Indonesia.

Ia menanggapi penurunan tingkat korupsi tidak menjadi tujuan pokok wacana ini. Menurutnya, kejahatan itu tidak hanya terjadi di parpol saja. Korupsi saat ini sudah terjadi dimana-mana. Tidak selalu identik dilakukan parpol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement