Rabu 25 Feb 2015 14:43 WIB

Indonesia Gantikan Australia Jadi Tuan Rumah IQRA 2015

Rep: c70/ Red: Didi Purwadi
Mahyeldi Ansharullah (kiri)
Foto: Antara/Maril Gafur
Mahyeldi Ansharullah (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Padang menyatakan kesiapannya sebagai tuan rumah The Indian Ocean Rim Association (IORA) pada Oktober-November 2015 mendatang.

Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, upaya Pemkot Padang mendapat dukungan dari seluruh stakeholders, seperti Muspida, DPRD, Asosiasi Pengusaha, maupun perguruan tinggi pasca pelaksanaan workshop tentang IORA oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) pada 2014 lalu.

"Apabila Kota Padang berhasil menjadi tuan rumah kegiatan bersejarah serah terima Ketua IORA dari Australia ke Indonesia, maka perhatian internasional akan tertuju ke Kota Padang dan Provinsi Sumatera Barat," kata Mahyeldi di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (25/2).

Menurutnya, keterlibatan Kota Padang sebagai tuan rumah IORA memiliki arti yang sangat penting dan strategis. Tidak hanya untuk Kota Padang, namun juga untuk Sumatera Barat secara umum.

Ia menjelaskan, selain nilai prestise dan promosi yang tinggi, dampak positif lainnya yaitu terstimulasinya perekonomian di Sumbar.

Ia mengatakan, sejumlah upaya terus dilakukan untuk mensukseskan kegiatan IORA di Kota Padang. Seperti, pada Januari 2015, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Padang mengadakan seminar tentang ekspor rempah-rempah dan kesiapan Pelindo (Pelabuhan Teluk Bayur) dalam menghadapi IORA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement