Senin 23 Feb 2015 23:40 WIB

Tony Abbott Ungkit Bantuan Tsunami Aceh, Warga Australia Minta Maaf

Rep: C84/ Red: Bayu Hermawan
  Ratusan masyarakat yang tergabung dalam koalisi pro Indonesia menggelar gerakan Koin untuk Australia di Bundaran HI, Jakarta, Ahad (22/2).  (Republika/Yasin Habibi)
Ratusan masyarakat yang tergabung dalam koalisi pro Indonesia menggelar gerakan Koin untuk Australia di Bundaran HI, Jakarta, Ahad (22/2). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERA -- Pernyataan Perdana Menteri Australia Tony Abbott yang mengungkit kembali bantuan Tsunami kepada Indonesia pada 2004 lalu menuai reaksi keras dari masyarakat Indonesia.

Reaksi keras masyarakat Indonesia atas pernyataan Abbott ini juga sempat menjadi Trending Topic sebuah media asing, BBC. Tidak hanya di Indonesia, di tanah airnya sendiri, pernyataan Abbott pun dikecam oleh sejumlah warga Australia.

Beberapa orang Australia menyampaikan permintaan maaf mereka kepada warga Indonesia atas pernyataan perdana menterinya tersebut.

"Kepada warga Aceh, penting untuk Anda pahami bahwa Abbott tidak berbicara mewakili semua warga Australia," sebuah kicauan dari warga Australia di Twitter, seperti dilansir BBC.

Selain itu, sejumlah warga Australia juga menyayangkan jika polemik deksekusi mati dua gembong narkoba Andrew Chan dan Myuran Sukumaran merusak hubungan baik Australia dan Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement