Kamis 12 Feb 2015 12:22 WIB

Rhoma Irama Bakal Terpilih Aklamasi pada Muktamar PBB

Rep: Maspril Aries/ Red: Ilham
Raja dangdut Rhoma Irama.
Foto: Antara
Raja dangdut Rhoma Irama.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Dewan Pimpinan Wilayah Partai Bulan Bintang (DPW PBB) Sumatera Selatan akan mengusung raja dangdut Rhoma Irama sebagai calon Ketua Umum pada Muktamar ke-4 PBB yang akan berlangsung di Jakarta, April mendatang.

Ketua DPW PBB Sumsel, Junial Komar optimis calon yang diusung tersebut akan bisa terpilih karena dukungan terhadap Rhoma Irama dari DPW daerah lain terus bertambah. “Kami para pendukung optimis pada muktamar nanti Rhoma Irama akan terpilih secara aklamasi,” katanya, Kamis (12/2).

Menurut Junial Komar,  mekanisme aklamasi sangat tergantung aspirasi peserta Muktamar. Dalam aturan PBB, calon ketua baru muncul pada tahapan pencalonan yang diajukan peserta muktamar dengan batas minimal dukungan suara.

Tim sukses Rhoma Irama menjelaskan, tradisi aklamasi di Muktamar PBB sudah terjadi sejak Muktamar ke-2 PBB di Surabaya, Jawa Timur. Walau saat itu awalnya muncul dua calon, namun pada akhirnya peserta muktamar memilih satu calon secara aklamasi.

Menurut Junial Komar, terpilihnya Rhoma Irama secara aklamasi sudah tampak dari banyaknya permintaan kepada raja dangdut tersebut untuk hadir pada musyawarah wilayah (muswil) PBB di berbagai daerah di Indonesia. “Namun, permintaan atau undangan hadir ke Muswil ditolak dengan halus oleh Rhoma Irama," katanya.

Sikap Rhoma dinilai sebagai bentuk penghormatan terhadap pimpinan partai dan agar tidak muncul kesan jemput bola. "Rhoma Irama mengatakan, ingin dukungan terhadap dirinya berjalan alamiah,” ujar mahasiswa program doktor Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement