Sabtu 31 Jan 2015 04:30 WIB

Ustaz Felix Siauw Sebut Wanita Berselfie Sudah tak Suci?

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Bilal Ramadhan
Selfie
Foto: VOA
Selfie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Seorang ulama Muslim Indonesia populer Felix Siauw telah mengeluarkan fatwa untuk melarang muslimah mengambil 'selfie' (foto diri). Pasalnya, hal itu dianggap tidak sesuai dengan ajaran agama Islam.

Pernyataan ini disampaikannya lewat kicauan pada akun pribadi media sosial Twitternya yakni, @felixsiauw. "Tidak tahu malu wanita yang memposting selfie mereka, dan dengan begitu, apakah mereka suci?" kicaunya, sabtu (31/1).

Dalam rentetan kicauannya, ulama berusia 30 tahun juga menjelaskan mengapa selfie harus dihindari oleh umat Islam. Karena menurutnya, Selfie dapat membuat seseorang menjadi sombong dan gila hormat.

"Jika kita mengambil sebuah selfie, menyaring dan memilih pose terbaik kita, dan kemudian kita terpesona dan terkesan oleh diri kita sendiri. Itu sangat mengkhawatirkan, akan menimbulkan gila hormat yang disebut PRIDE," kicaunya lagi.

 

Dalam postingan lainnya, ia juga mengatakan bahwa sayangnya fenomena selfie ini banyak berkembang di kalangan wanita muslim. Bahkan, mereka selfie dengan beragam ekspresi wajah mereka dalam satu frame yang dibagi menjadi sembilan foto.

Kicauannya ini pun ramai diperbincangkan banyak orang,  terutama pengikut Felix Siauw (followers). Hingga, kicauan dalam tagar # Selfie4Siauw menjadi treding topic di Twitter. Meski begitu, tidak semua orang menanggapi positif terkait fatwa ini.

Karena, kicauan fatwa Felix Siauw ini banyak memicu kemarahan orang-orang di Twitter dan platform media sosial lainnya yang dibarengi dengan sejumlah foto selifie dari orang tersebut.

Namun, ini bukan pertama kalinya fatwa selfies telah diterbitkan. Sebelumnya, di Arab Saudi, seorang cendekiawan Islam juga telah mendesak umat Islam untuk menghindari selfies selama perjalanan haji mereka.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement