Kamis 29 Jan 2015 22:50 WIB

Jika Dikonsumsi, Apel Impor Berbakteri Sebabkan Keguguran

Pedagang menata apel impor di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Selasa (28/1). (Republika/Prayogi)
Foto: Republika/Prayogi
Pedagang menata apel impor di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Selasa (28/1). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Kepala Seksi Pemeriksaan BPOM Denpasar, Ni Made Anggasari mengungkapkan bahaya dari bakteri yang diduga terkandung di apel impor asal Amerika Serikat.

Menurutnya, bakteri Listeria Monocytogenes adalah bakteri Pathogen yang menyebabkan keracunan dengan gejala yang timbul dapat berupa gangguan pencernaan seperti mual, muntah, nyeri disertai demam.

Gejala tersebut dapat berlanjut menjadi lebih serius pada pasien yang memiliki daya tahan tubuh rendah, pasien lanjut usia serta dapat menyebabkan keguguran pada wanita hamil.

"Untuk itu BPOM akan terus bekerja sama dengan Disperindag dan Dinas Pertanian untuk tetap mengawal dan menjalankan intruksi, untuk melakukan pengamanan maupun penarikan terhadap produk-produk yang memang dicurigai bisa mempengaruhi kesehatan hidup manusia," kata dia, Kamis (29/1).

Sudiari salah satu pembeli mengatakan, dengan adanya apel yang tercemar bakteri ini, membuatnya resah dan harus berhati-hati dalam memilih buah. Ia berharap agar buah apel tersebut jangan sampai masuk ke pasar dan penyaringan buah impor yang masuk ke Indonesia supaya lebih diperketat.

"Saya berharap semua masyarakat berhati-hati dalam memilih buah apel, apa lagi apel ini makanan yang bisa langsung di konsumsi tanpa diolah lagi, tentunya ini akan lebih mengkhawatirkan," katanya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement