Rabu 31 Dec 2014 20:01 WIB

Beredar, Dokumen Terbatas BMKG Terkait Air Asia QZ8501

Surat Kepala BMKG Andi E Sakya kepada menteri perhubungan
Foto: dokumen republika
Surat Kepala BMKG Andi E Sakya kepada menteri perhubungan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hingga kini, proses evakuasi pesawat Air Asia QZ8501 terus berlangsung. Namun, beredar sebuah dokumen yang diduga berasal dari Kepala BMKG Andi E Sakya untuk menteri perhubungan. 

Isi surat tertanggal 31 Desember 2014 tersebut berupa permintaan arahan dari kepala BMKG sehubungan dengan beberapa temuan. 

Tertulis dalam dokumen itu tertulis, Air Asia QZ8501 terbang tanpa laporan cuaca dari BMKG. Hal ini diketahui dari  log book di Stasiun BMKG Juanda Surayaba.

Air Asia baru mengambil bahan informasi cuaca pada pukul 07.00 WIB. Atau sesudah terjadi lost contact QZ 8501 dan bukan sebelum take off.

 

Dalam surat itu, kepala BMKG meminta arahan kepada menteri perhubungan terkait temuan itu.

Berikut isi lengkap surat kepala BMKG tersebut:

Date  : Wednesday, December 31, 2014 09.04 AM

Subject: Urgent - Terbatas - Mohon Arahan

 

Yth Bapak Menteri Perhubungan,

Sehubungan dengan Sidang Kabinet yang akan diselenggarakan pada jam 10.30, mohon ijin menyampaikan bahan presentasi dari BMKG.

Khusus pada hal 7 (tujuh) terindikasi temuan log book di Stasiun BMKG Juanda Surayaba, ditemukan bahwa Air Asia baru mengambil bahan informasi cuaca (berisi informasi seperti pada hal 6) pada jam 07.00 WIB sesudah terjadi lost contact QZ 8501 dan bukan sebelum Take Off.

Mengingat bahwa informasi ini sangat sensitif untuk publik, mohon arahan lebih lanjut merujuk Instruksi Presiden saat di Basaranas tanggal 29 Desember 2014 (hal 5) untuk perbaikan dan pemanfaatan informasi cuaca terutama untuk keselamatan penerbangan.

Terima kasih,

 

Salam hormat,

Andi E Sakya

Kepala BMKG

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement