Ahad 28 Dec 2014 20:00 WIB

Bali Diguncang Gempa 4,7 SR

Rep: Ahmad Baraas/ Red: Bayu Hermawan
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Masyarakat Bali pada Ahad (28/12) malam, dikejutkan oleh guncangan gempa yang cukup keras, yakni 4,7 scala richter.

Pusat gempa kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bali, Wayan Suardana, sekitar 36 kilometer sebelah tenggara Klungkung.

"Tapi ini tidak berpotensi tsunami, masih sangat kecil kalau dihihubungkan ke sana," kata Suardana kepada Republika, di Denpasar.

Suardana menjelaskan guncangan gempa terjadi pada 28 Desember 2014 jam 19.58.23 Wita. Lokasi pusat gempa yang 8.7 lintang selatan dan 115.67 bujur timur. Kedalamannya sekitar 114 kilometer.

Gempa yang sempat mengejutkan masyarakat ibu kota Provinsi Bali, di kota Denpasar dirasakan sebesar 2 MMI, di Kuta 3 MMI dan di Karangasem 2 MMI. Kendati di Kut, guncan paling keras sebut Wayan, gempa itu idak berpotensi tsunami, masih rendah sekali.

Ia menambahkan, gempa yang terjadi menjelang masyarakat menunaikan solat isya itu merupakan gempa tektonik, dengan pusat di bawah dasar laut di sebelah selatan Bali.

Selama ini sebutnya, daerah selatan Bali memang menjadi pusat gempat, karena adanya pertemuan dua lempeng, yakni lempeng selatan dan utara Benoa Australia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement