Jumat 26 Dec 2014 16:40 WIB

Djarot: Tahun Selanjutnya Tata Ruang Jakarta yang akan Dibenahi

Rep: C62/ Red: Winda Destiana Putri
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kiri) berjabat tangan dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Djarot Saiful Hidayat.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kiri) berjabat tangan dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Djarot Saiful Hidayat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembenahan di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Jokowi-Basuki selama dua tahun ini cukup terasa progresnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta ‎Djarot Saeful Hidayat sebagai pengganti Ahok sapaan akrab Basuki mengakui hal itu. Meski masih banyak masalah sosial lainnya yang harus segera diselesaikan di tahun salanjutnya.‎

‎"Karena problem di Jakarta ini sudah sangat rumit. Dan itu harus dipikirkan dengan cara yang tidak biasa‎," kata Djarot saat dihubungi Republika, Jumat (26/12).

‎Djarot mengatakan, tugas Pemprov kedepannya adalah berusaha bagaimana tetap konsisten bisa mengurangi semua ruas jalan agar tidak digenangi air. Dari konsistensi itu genangan air yang menyebabkan banjir sudah dapat dikurangi.

Misalnya, pemukiman di bantaran Kali Ciliwung sudah berkurang, begitu juga bangunan-bangunan liar yang ada dikolong jembatan.‎

"Jika cara penanganannya sesuai konstitusi," katanya.

‎Djarot mengatakan, masalah yang sudah terlalu rumit itu mengenai tata ruang dan pembangunan industri yang belum tertata rapi. Untuk itu kedepannya kata dia, industri itu harus didorong ke luar, jangan di dorong ke Jawa Barat, Banten, Bekasi dan Bogor.

"Makanya kita selalu ngomong masalah banjir dan macem-macem. Masalahnya ini di tata ruang kita," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement