Rabu 24 Dec 2014 15:00 WIB

80 Persen Dana Transportasi Penghulu Sudah dicairkan

Rep: c83/ Red: Bilal Ramadhan
Penghulu menikahkan pasangan pengantin
Foto: Antara
Penghulu menikahkan pasangan pengantin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Kementerian Agama (Kemenag) telah mencairkan uang transportasi dan jasa profesi untuk penghulu pada bulan Desember 2014. Menurut Dirjen Bimas Islam, Machasin proses pencairan baru dilakukan di 80 persen kecamatan atau 384 KUA dari jumlah keseluruhan sebanyak 479 KUA.

Itu artinya ada 95 KUA yang belum menerima uang transportasi dan jasa profesi untuk penghulu ini. Machasin tidak bisa menyebutkan total keseluruhan dana yang telah dicairkan tersebut.

Ia menjelaskan, keterlambatan proses pencairan kepada 95 KUA tersebut dikarenakan petugas yang berada di kabupaten atau kota mulai menyiapkan data-data yang diperlukan setelah memperoleh tanggal pasti pencairan tersebut.

Namun, bagi petugas yang menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan sebelum tanggal pencairan ditentukan maka langsung dapat menerima dana transportasi ini setelah dana berhasil dicairkan. Adapun untuk proses keterlamabatan pencairan yang hampir memakan waktu lima bulan dikarenakan menunggu proses administrasi dan persetujuan dari Kementerian keuangan.  

"Tanggal 12 Desember kemarin pencairan. Yang belum menerima sedang menyiapkan berkas-berkas. Sebelumnya mereka (petugas kabupaten kota) mungkin lehe-lehe atau gimana gitu. Nunggu kepastian baru diurus, Tapi proses yang sudah dilakukan di bayar sekarang," ujar Machasin Kepada Republika, Rabu (24/12).

Ia memastikan, untuk KUA yang belum mendapatkan uang transportasi dan jasa profesi untuk penghulu pada bulan ini akan segera mendapatkan dana tersebut pada tahun depan. Setelah itu, untuk bulan selanjutnya proses pencairan akan berjalan normal setiap bulannya dan dipastikan tidak akan ada keterlambatan lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement