Senin 22 Dec 2014 14:28 WIB

Usai Tsunami Aceh, Simeulue Sumbang 22 Pulau Baru

Rep: C85/ Red: Winda Destiana Putri
Menteri KKP Susi Pudjiastuti.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri KKP Susi Pudjiastuti.

REPUBLIKA.CO.ID, SIMEULUE -- Tsunami yang menghantam pesisir Aceh sepuluh tahun lalu masih lekat di dalam ingatan warga Aceh. Namun, ada sekelumit kisah menarik yang justru terjadi seusai ombak besar ini terjadi.

Salah satunya adalah bertambahnya puluhan pulau di sebelah barat pesisir Aceh yang masuk ke dalam Kabupaten Simeulue. Dalam kunjungan kerjanya ke pulau ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menceritakan bagaimana justru Simeulue menambah koleksi pulaunya.

"Bila dulu kita sempat kehilangan Sipadan dan Ligitan ke Malaysia, justru Aceh menyumbang 22 pulau baru setelah tsunami terjadi," ujar Susi di hadapan para nelayan Simeulue, Ahad (21/12).

Pulau pulau ini muncul ke permukaan akibat proses geologi yang terjadi saat gempa besar berlangsung sesaat sebelum tsunami. Menteri Susi secara khusus berharap agar pulau-pulau baru ini dikembangkan menjadi ekowisata.

"Saya inginnya dikembangkan jadi ekowisata. Ekowisata akan memberikan uang lebih banyak. Belum lagi alam yang terjaga," lanjutnya.

Puluhan nelayan yang hadir di Pasar Pelelangan Ikan Lasikin, Simeulue pada Ahad siang tampak antusias untuk bisa berdialog langsung dengan sosok yang menyewa salah satu pulau dalam gugusan Kepulauan Simeulue ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement