Rabu 10 Dec 2014 21:02 WIB

Pilkades di Kabupaten Indramayu Ricuh, Polisi Tembakan Gas Air Mata

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Bayu Hermawan
  Polisi menembakan gas air mata
Polisi menembakan gas air mata

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Terusan, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, diwarnai kericuhan, Rabu (10/12). Bahkan polisi harus menembakkan gas air mata untuk membubarkan ratusan massa yang terus merangsek ke balai desa setempat.

Kericuhan bermula dari kecurigaan ratusan warga terhadap panitia pilkades setempat. Mereka menilai, panitia berpihak pada salah satu calon kepala desa. Di desa itu, terdapat lima calon kepala desa yang bertarung.

Dugaan terhadap keberpihakan panitia terlihat dari sikap mereka yang mendahulukan pemilih yang datang belakangan ke tempat pemungutan suara (TPS). Disinyalir, para pemilih itu pendukung salah satu calon.

Di sisi lain, ratusan warga yang mendukung keempat calon lainnya malah terkesan diabaikan. Padahal, mereka telah datang ke TPS sejak pagi hari. Namun hingga siang hari, nama mereka tak jua dipanggil panitia untuk menyalurkan haknya.

Protes dari warga semakin menjadi-jadi. Sekitar pukul 15. 45 WIB, warga yang melakukan protes dengan mendatangi balai desa semakin banyak. Tanpa dikomando, ratusan warga langsung merangsek ke tempat para panitia pilkades. Aksi tersebut berusaha ditahan oleh sejumlah petugas keamanan yang berjaga di tempat itu.

Namun, banyaknya massa membuat petugas kewalahan hingga terpaksa meminta bantuan dari petugas lain yang sudah disiagakan. Satu kompi petugas Sabhara ditambah petugas Kodim 0616 pun langsung meluncur ke lokasi tersebut.

Kedatangan petugas tambahan tak membuat massa berhenti. Mereka terus merangsek ke balai desa tersebut. Untuk menghalau massa, petugas akhirnya terpaksa menembakkan gas air mata.

Massa akhirnya berhasil dibuat mundur dari lokasi. Namun, mereka mengancam agar pilkades segera dihentikan. Bahkan hingga pukul 17.15 WIB, warga yang belum sempat menyalurkan haknya memilih tetap bertahan di jalur jalan raya Desa Terusan, atau di depan balai desa.

Kondisi itu membuat kendaraan yang melintas di wilayah itu sempat tertahan. Pasalnya, balai desa itu terletak di pinggir jalan raya yang menghubungkan Indramayu- Lohbener.

''Harusnya yang datang lebih dulu didahulukan. Lha ini pemilih (yang disinyalir) dari salah satu calon yang baru datang, langsung masuk kebilik suara untuk mencoblos. Ini kan tidak adil,'' tegas salah seorang warga setempat Anjar.

Anjar menambahkan, melihat secara langsung surat pemilih mereka sengaja ditumpuk oleh panitia tanpa ada panggilan untuk mencoblos. Karena itu, pilkades tersebut harus diulang.

Hingga sekitar pukul 19.30 WIB, pilkades di Desa Terusan belum dilanjutkan. Ratusan petugas keamanan pun tetap disiagakan untuk mengantisipasi gesekan susulan.

Seperti diketahui, sebanyak 171 desa yang tersebar di 31 kecamatan di Kabupaten Indramayu menggelar pilkades serentak, Rabu (10/12). Tercatat, ada 515 calon kepala desa yang bertarung menjadi orang nomor satu di desanya masing-masing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement