Rabu 05 Nov 2014 15:50 WIB

Menlu akan Dampingi Presiden Jokowi Ikuti KTT

Retno LP Marsudi
Foto: Antara/Widodo S Jusuf
Retno LP Marsudi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi akan mendampingi Presiden Joko Widodo untuk mengikuti tiga konferensi tingkat tinggi pada November 2014.

"Kami akan menyampaikan beberapa hal terkait kegiatan ibu Menlu (Retno) dalam beberapa waktu ke depan. Dalam dua minggu ke depan ini ibu Menlu akan mendampingi bapak Presiden (Jokowi) untuk mengikuti serangkaian KTT," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Michael Tenne di Jakarta, Rabu (5/11).

Michael menyebutkan tiga KTT yang segera diselenggarakan itu adalah KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) pada 10-11 November di Tiongkok, KTT ASEAN pada 12-13 November di Myanmar, dan KTT G20 pada 15-16 November di Australia.

"Ibu Menlu akan mendampingi Presiden untuk menghadiri KTT APEC. Kemudian, Menlu akan kembali dampingi Presiden untuk KTT ASEAN yang ke-25. Selanjutnya Menlu dan Presiden akan mengikuti KTT G20," ujar dia.

Menurut Direktur Kerja Sama Intra Kawasan Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Arto Suryodipuro, Presiden Jokowi dijadwalkan akan mengikuti beberapa kegiatan terkait APEC.

"Ada CPO Summit, di sini Presiden akan menyampaikan visi-misi dalam membangun ekonomi selama lima tahun ke depan, serta visi-misi pembangunan ekonomi yang terkait dengan kawasan Asia-Pasifik," kata Arto.

Ia menyebutkan hal yang menjadi fokus utama dalam pertemuan APEC kali ini adalah upaya penguatan konektivitas dan infrastruktur di masa depan, di mana hal itu juga merupakan suatu prioritas dalam pembangunan ekonomi di Indonesia.

"Fokus 'strengthening connectivity and infrastructure' (penguatan konektivitas dan infrastruktur) ini akan dikedepankan oleh Indonesia. Dalam hal ini, Presiden akan diusahakan menjadi pembicara utama dalam pembahasan ini," ungkapnya.

Selanjutnya, Dirjen Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri, I Gusti Agung Wesaka Puja, menyampaikan bahwa dalam KTT ASEAN yang berlangsung pada 12-13 November akan ada sembilan KTT.

"Lima KTT dilakukan pada hari pertama dan empat KTT pada hari kedua. Di samping KTT itu, Presiden akan mengikuti pertemuan-pertemuan pemimpin ASEAN yang akan lebih banyak berfokus pada isu ekonomi dan peluang bisnis," jelasnya.

Kemudian, KTT ketiga yang akan dihadiri Presiden Jokowi adalah KTT G20 yang akan berlangsung di Brisbane, Australia, 15-16 November.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement