Rabu 29 Oct 2014 10:14 WIB

Soal Menteri Merokok, Menkes: Tanya ke Bu Susi Saja

Rep: c97/ Red: Mansyur Faqih
Susi Pudjiastuti
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Susi Pudjiastuti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Nila F Moeloek enggan berkomentar mengenai kebiasaan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang gemar merokok. 

"Perihal itu, tanya ke Bu Susi saja, ya," katanya di Jakarta, Rabu (29/10). 

Namun, ia menjelaskan kalau merokok merupakan kebiasaan buruk. Namun hal itu terkadang menjadi lumrah di tengah masyarakat Indonesia. 

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menjelaskan, merokok sangat berbahaya bagi kesehatan. "Merokok itu berbahaya bagi kesehatan kita. Ada nikotin yang bisa merusak organ tubuh", kata Nila di Jakarta, Rabu (29/10). 

Menurutnya selain berbahaya, merokok juga sangat merugikan. Karena bisa membuang uang dengan percuma.

Banyak juga penyakit yang bisa timbul akibat merokok. Antara lain, kanker, penyakit jantung dan paru. Merokok pun bisa merusak sel tubuh termasuk otak.

Dampaknya mungkin tidak terasa dalam jangka pendek, tapi sangat berbahaya untuk jangka panjang. Nila memberi pesan bagi masyarakat Indonesia agar berpikir panjang untuk mengonsumsi rokok. 

"Tolong dipilih-pilih mana yang baik untuk kesehatan kita, dan mana yang buruk", tuturnya. 

Seharusnya, kata dia, masyarakat Indonesia mampu memilih yang baik untuk dirinya sendiri. Daripada mengeluarkan uang untuk merokok, lebih baik membeli buah-buahan dan makanan sehat untuk dikonsumsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement