Kamis 09 Oct 2014 13:21 WIB

Pengamat ini Bilang Parlemen tak Mungkin Ganggu Jokowi

Jokowi
Foto: Republika/Aditya Republika/Aditya
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Haryadi berpendapat, bila kinerja pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla berjalan lebih efektif, efisien, dan responsif, maka tak ada peluang parlemen yang saat ini dikuasai oleh Koalisi Merah Putih (KMP) untuk mengganggu Jokowi-JK.

"Tetap ada nukilan kerikil kecil dari elemen-elemen KMP yang ngotot mendendam dan mengganggu Jokowi-JK. Namun keberadaannya tak punya pengaruh signifikan mengganggu kinerja pemerintahan Jokowi-JK secara keseluruhan," ujar Haryadi, kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Dosen FISIP Unair Surabaya ini melihat bila politik parlemen sekarang dari frame lama dan dimaknai statis, maka niscaya disimpulkan pemerintahan Jokowi-JK dalam kurun lima tahun ke depan akan menghadapi jalan terjal.

"Akan selalu diganggu oleh DPR dan MPR.?Namun, realitas dan sejarah politik parlemen di Indonesia cenderung dinamis," katanya.

Apalagi, menurut Haryadi, dinamika yang ada saat ini tidak dibingkai oleh dorongan ideologi, sehingga sekat-sekat Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah Putih (KMP) yang menjadi faksi di parlemen akan mudah cair.

"Terlebih bila kinerja Jokowi-JK dikelola secara efektif," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement