Kamis 02 Oct 2014 21:12 WIB

FSGI: Kualitas Guru di Indonesia Harus Diperbaiki

Sekolah Guru Indonesia
Foto: www.dompetdhuafa.org
Sekolah Guru Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kualitas guru harus ditingkatkan demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) mengatakan, guru ibarat supir yang harus mengantarkan penumpang atau para siswanya menuju kesuksesan.

"Bagaimana pelajar Indonesia mau berkualitas, bila gurunya tak berkualitas," ujarnya dalam Seminar Hari Guru Internasional, di Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Kamis (2/10). Meski begitu, menurutnya guru tak bisa sepenuhnya disalahkan.

Ia menjelaskan, Kurikulum 2013 yang ada sekarang, tak dipahami oleh banyak guru sehingga, banyak guru yang salah dalam memperlakukan siswanya. Retno menambahkan, hal itu karena pemerintah kurang memberikan pelatihan mengenai kurikulum itu kepada para guru.

"Bagi saya tanpa undang-undang pun, asalkan gurunya berkualitas, pendidikan kita bisa berjalan baik," tegasnya. Ia juga menyayangkan sikap pemerintah yang seolah menutup mata melihat fakta tersebut.

Retno mengungkapkan, banyak guru yang memiliki banyak jam mengajar, sehingga tak sempat lagi belajar untuk memperbarui keilmuannya. "Lalu apa yang bisa kita harapkan dari guru seperti itu?" Katanya.

Ia berharap agar pemerintahan baru yang dipimpin Joko Widodo nanti bisa fokus memperbaiki kualitas guru. Baginya pendidikan untuk guru perlu diperhatikan sejak awal, termasuk sistem pengajaran di kampusnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement