Selasa 30 Sep 2014 19:10 WIB

Pakar Medsos Duga Hastag #ProudOfYouSBY Dibuat oleh 'Bots'

Rep: mgrol27/ Red: Mansyur Faqih
#ProudOfYouSBY jadi trending topic di twitter
Foto: twitter
#ProudOfYouSBY jadi trending topic di twitter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali meramaikan lini masa Twitter. Bahkan, kali ini ada dua hastag yang bertolak belakang yang menjadi trending topic.

Yaitu #WelcomeMrLiar dan #ProudOfYouSBY. Keduanya berturut-turut menjadi trending topic yang sering disebut oleh tweeps (pengguna sosial media Twitter) pada Selasa (30/9).

Menurut pengamat sosial media Nukman Luthfie, masuknya sebuah hashtag ke daftar trending topic twitter itu terkait dari algoritmanya.

“Algoritma trending topic itu bukan banyak atas dasar tweet, tapi lonjakan cepat pada waktu tertentu. Namanya juga trending," kata Nukman, Selasa.

Namun ada sedikit kejanggalan dengan hastag #ProudOfYouSBY. Ketika ditelusuri, tidak ada hubungan antara tweet yang dibicarakan dengan hastag tersebut.

Sehingga muncul kesan kalau itu hanya digunakan secara sembarangan oleh para tweeps. Bahkan ada kemungkinan kalau trending topik itu dibuat dengan bantuan bots atau mesin penggerak.

“Pada trending topic organik (murni manusia) tersimpan pesan publik di dalamnya. Pada trending topic oleh bots atau nonorganik tweet-nya ngawur," ucap Nukman.

Sejak UU Pilkada disahkan DPR, SBY memang kerap menjadi trending topic di sosial media Twitter. Banyak yang menyalahkan sikap SBY karena membiarkan RUU Pilkada tersebut disahkan dan membuat hak rakyat untuk memilih dihilangkan.

Sebelumnya, muncul pula hastag #ShameOnYouSBY dan #ShamedByYou menjadi trending topic di Twitter.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement