Kamis 18 Sep 2014 17:37 WIB

Ini Resep Pakar Gizi agar Satai Kambing Cepat Empuk, Gurih, dan Enak

Satai Kambing
Satai Kambing

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR--Anggapan bahwa makan daging kambing mengakibatkan penyakit darah tinggi tak selamanya benar. Bahkan penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, masih dibolehkan menikmati satai kambing asal tidak berlebih.

"Ya satu atau dua tusuk masih boleh yang penting dibarengi dengan sayuran seperti tomat atau mentimun." Demikian disampaikan Dr.Tiurna Sinaga, MFSA. staf pengajar dari Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia, saat menjadi narasumber belum lama ini dalam Siaran Pedesaan RRI 93.70 FM.

Tiurna yang juga pakar kuliner ini menjelaskan, ketika Hari Raya Idhul Adha datang, banyak daging kambing yang bisa dimasak sesuai selera seperti sop, gulai, atau satai. Bagi yang suka satai, Tiurna staf pengajar asal Sumatera Utara ini memberikan rahasia resep memasak satai kambing yang cepat empuk dan enak.

Berikut resep satai kambing yang disarankan Tiurna. Pertama, siapkan satu kilo gram daging kambing yang dipotong menyerupai dadu. Daging tidak perlu dicuci jika dalam proses pemotongan benar dan penanganannya bersih. Kemudian siapkan kecap manis sebanyak 200 ml, parutan nanas 100 gram atau kira-kira seperempat nanas ukuran sedang.

Cara membuat, campurkan kecap manis dan parutan nanas, tusuk daging kambing dengan tusukan dari bambu. Supaya rasanya gurih tusukan daging sebaiknya diselingi dengan lemak. Satu tusuk cukup lima potong daging, jangan terlalu rapat dan banyak karena akan mempengaruhi proses pematangannya. Rendamkan daging ke dalam campuran kecap manis dan parutan nanas selama 5 menit. Nanas akan membuat daging cepat empuk karena nanas mengandung enzim bromelin.

Jika tak ada nanas, bisa diganti dengan daun pepaya. Caranya, daging kambing dibungkus dengan daun pepaya dan didiamkan selama 20 menit. Daun pepaya akan membuat daging kambing lebih empuk karena daun pepaya mengandung enzim papain.

Ketika persiapan sudah selesai daging tinggal dibakar. Dalam proses pembakaran, olesi satai dengan sisa bumbu sambil dibolak-balik. Lakukan dua sampai tiga kali sampai satai matang dengan sempurna. Kemudian, hidangkan bersama sambal kecap atau sambal kacang sesuai selera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement