Rabu 03 Sep 2014 02:45 WIB

Dekopin Usul Penambahan Kriteria dalam Koperasi Terbaik Dunia

Logo Dekopin
Logo Dekopin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid mengatakan pihaknya akan mengusulkan penambahan kriteria dalam menentukan 300 koperasi terbaik dunia. 

Usulan akan diberikan dalam ajang 11th ICA Regional Assembly dan 8th Asia Pasific Co-operative Forum 2014 yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada 15-20 September mendatang. 

Hal ini, kata Nurdin, sebagai upaya agar lebih banyak lagi koperasi Indonesia yang masuk jajaran 300 koperasi terbaik dunia. Usulan tersebut yakni dilihat dari berpa ajumlah anggota serta kemanfaatan yang diberikan bagi seluruh anggotanya.

"Jadi tidak hanya diukur dari omzet koperasi per tahun," ujar Nurdin Halid, di Jakarta, Selasa (2/9). 

Jika usulan bisa diterima, Nurdin yakin hal ini akan membangkitkan lagi semangat koperasi di Indonesia untuk terus berkembang. 

"Jadi akan memberi motivasi baru untuk mereka jika berhasil masuk (300 koperasi terbaik dunia). Mereka akan semakin semangat berkiprah," kata dia. 

Seperti diketahui, dari 206 ribu koperasi yang ada di Indonesia saat ini, baru satu koperasi yang berhasil menembus jajaran koperasi terbaik dunia. Yakni Koperasi Warga Semen Gresik yang menempati posisi 233 dunia.

"Tahun ini kita mengajukan lima koperasi untuk bisa tembus peringkat itu," ujar Nurdin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement