Senin 01 Sep 2014 09:25 WIB

Agenda Seni Budaya Ini Akan Diadakan di Cirebon

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Kunjungan Jokowi ke Keraton Cirebon
Foto: Istimewa
Kunjungan Jokowi ke Keraton Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Cirebon akan menjadi tuan rumah pelaksanaan sejumlah kegiatan yang menyangkut seni dan budaya. Diharapkan, kegiatan-kegiatan tersebut mampu mendongkrak dunia pariwisata di Cirebon.

Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat, menyebutkan, sejumlah agenda kegiatan itu, di antaranya haul Sunan Gunung Jati (SGJ) pada 7 - 8 Oktober 2014.

Kegiatan yang akan dilaksanakan di Keraton Kasepuhan itu juga akan menampilkan seminar film SGJ dan film Kedondong.

''(Melalui film Kedondong) masyarakat jadi tahu bahwa di Jabar ada perang yang lebih awal dari perang Diponegoro (1825-1830),'' terang Sultan Sepuh.

Sultan Sepuh menjelaskan, perang itu adalah perang yang dipimpin Ki Bagus Rangin pada 1802-1818. Namun selama ini, perang tersebut maupun tokohnya tidak dikenal dalam sejarah nasional.

Sultan Sepuh menambahkan, agenda kegiatan lain yang akan dilaksanakan di Cirebon adalah Gotrasawala pada 22 - 25 Oktober 2014.

Dalam kegiatan itu, akan diadakan seminar tentang seni, sejarah dan budaya maupun berbagai pagelaran seni budaya di keraton-keraton yang ada di Cirebon.

Selain itu, pada 13 - 15 November 2014 akan ada Festival Pesisiran dengan peserta dari Banten, DKI Jakarta, Jabar, Jateng dan Jatim. Acara itu merupakan hasil kerja sama dengan Kementerian Pariwisata.

''Cirebon memiliki potensi yang besar dalam bidang pariwisata,'' tegas Sultan.

Sultan pun berharap, semua agenda kegiatan tersebut mampu lebih mendongkrak pariwisata di Cirebon. Selain itu, dapat lebih mempromosikan kekayaan seni budaya Cirebon ke dunia luar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement