Kamis 28 Aug 2014 08:58 WIB

Mendagri Apresiasi Pengabdian PKK dalam Pembangunan

Rep: Andi M Ikhbal/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi melayani pertanyaan wartawan usai melakukan pertemuan dengan KPK dan sejumlah instansi terkait masalah penyaluran beras untuk rakyat miskin (Raskin) di Kantor KPK, Jakarta, Kamis (3/4).
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi melayani pertanyaan wartawan usai melakukan pertemuan dengan KPK dan sejumlah instansi terkait masalah penyaluran beras untuk rakyat miskin (Raskin) di Kantor KPK, Jakarta, Kamis (3/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengimbau, kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) harus mampu meningkatkan peran dalam wujudkan kesejahteraan masyarakat. keberadaan mereka dinilai turut menyumbangkan kesetaraan pembangunan nasional Indonesia.

Dia mengatakan, PKK ikut serta dalam menggerakan penduduk, mulai dari tingkat keluarga hingga masyarakat pada umumnya, keluar dari ketertinggalan. Organisasi perempuan itu mendorong mereka untuk meraih kesejahteraan. Itulah mengapa, Gamawan mengapresiasi peran kader PKK.

"Untuk itu saya minta para kader PKK teruslah mengabdi dengan membina kesejahteraan keluarga," kata dia, Kamis (28/8).

Sebanyak 1.450 kader PKK dari 33 provinsi Indonesia mengikuti kegiatan Jambore Nasional di kawasan Ancol, Jakarta selama 3 hari ke depan. Dalam acara itu Kemendagri dan PKK Pusat memberikan penghargaan kepada kader dari kelompok pemberdayaan tersebut yang dinilai berprestasi.

Gamawan menambahkan, kader PKK mengabdi dengan sukarela dan ikhlas. Padahal peran mereka sangat vital, khususnya dalam lingkup keluarga. Mereka menjadi motivator tanggung dalam menyampaikan pesan pembangunan dan mendorong masyarakat untuk melaksanakan 10 program pokoknya.

"Kehadiran 1.450 kader PKK hari ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada mereka yang berprestasi," ujarnya.

Ketua Umum PKK Pusat, Vita Gamawan Fauzi mengakui, kontribusi PKK memang sangat membantu pemerintah wujudkan kesetaraan pembangunan. Mereka hadir meningkatkan kualitas kesehatan ibu-anak, pendidikan, ekonomi rumah tangga serta membina mental spritual keluarga.

"Dengan Jambore ini diharapkan kader PKK mampu meningkatkan kemampuan tim penggerak PKK di tingkat desa-kelurahan dalam membina para kader," kata Vita.

Menurut rencana, kegiatan yang mengangkat tema 'Jambore Kader PKK Sebagai Wadah Pemersatu, Perekat Kesetiakawanan para Kader untuk Mewujudkan Kebersamaan yang Harmonis'. Kegiatan tersebut berlangsung sejak Selasa (27/8) hingga Jumat (29/8) besok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement