Senin 19 Nov 2012 20:03 WIB

Puncak Musim Hujan Pada Januari 2013

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: M Irwan Ariefyanto
hujan
Foto: ap
hujan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Indonesia mulai memasuki musim hujan sejak September 2012 lalu dan mulai terjadi beberapa bencana alam seperti banjir dan longsor. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Sri Woro B Harijono mengatakan puncak musim hujan diperkirakan akan terjadi pada Januari 2013 mendatang. "Ini awal musim hujan, jadi bisa meningkat apalagi saat peak musim hujan yang biasanya pada Januari," kata Sri Woro kepada ROL, Senin (19/11).

Sri Woro menambahkan saat ini memang sudah memasuki musim hujan dan sekitar 60 persen wilayah Indonesia sudah masuk musim hujan dengan adanya kenaikan curah hujan. Namun ia membantah jika akan terjadinya siklus lima tahunan yang kerap membuat banyak daerah terjadi banjir.

Menurutnya secara ilmiah, tidak ada istilah siklus baik untuk musim kemarau maupun musim hujan. Sedangkan hujan hanya merupakan salah satu penyebab banjir, faktor lainnya karena tertutupnya drainase, daerah resapan air dan topografi atau kemiringan tanahnya.

Untuk peringatan dini khususnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada 19 November 2012 pada pukul 15.30 WIB, hasil pantauan citra radar cuaca menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas pembentukan awan hujan di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Maka akan terjadi hujan lebat pada petang hari. "Akan terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement