Senin 11 Aug 2014 07:37 WIB

Sail Raja Ampat 2014 Jadi Momentum Promosi Wisata Bahari

Rep: Rr. Laeny Sulistyawati/ Red: Bilal Ramadhan
Raja Ampat
Raja Ampat

REPUBLIKA.CO.ID, WAISAI-- Sekretaris Panitia Pelaksana Tingkat Pusat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Dedi H Sutisna menyatakan bahwa Sail Raja Ampat 2014 jadi momentum untuk mempromosikan destinasi bahari di Papua Barat.

Menurut Dedi, Sail Raja Ampat 2014 merupakan event kelautan internasional tahunan yang memformulasikan kegiatan pelayaran di wilayah laut dan aktifitas lainnya yang berbasis kelautan dengan sektor utama yaitu pariwisata bahari.

Di mana, sejumlah Kementerian/Lembaga terlibat dan menyinergikan program sehingga dapat mendorong percepatan pembangunan pariwisata bahari utamanya di wilayah Papua Barat. Melalui pembangunan pariwisata bahari ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Papua Barat dan wilayah sekitarnya.

“Sail Raja Ampat 2014 merupakan momentum promosi bagi destinasi bahari di Papua Barat.  Keindahan alam dan panorama laut di Kepulauan Raja Ampat yang memiliki sekitar 1.700 pulau, akan menjadi daya tarik bagi wisatawan dunia,“ kata Dedi saat rapat koordinasi Sail Raja Ampat 2014, di Kota Waisai, Raja Ampat, Papua Barat, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Sabtu (9/8).

Dedi menegaskan, penyelenggaraan event internasional Sail Raja Ampat 2014 sama seperti kegiatan Sail sebelumnya. Sail Raja Ampat 2014 dilakukan pemerintah dalam rangka pelaksanaan pembangunan serta kesejahteraan rakyat secara berkelanjutan.

Selain itu, kegiatan Sail juga menjadi model percepatan pembangunan daerah kepulauan dan daerah terpencil. Sail Raja Ampat juga dinilai sangat efektif untuk mempromosikan wilayah Papua dan sekitarnya sebagai tujuan wisata nasional dan internasional. Sehingga pemerintah sudah semestinya melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan potensi wisata Raja Ampat.

“Kegiatan Sail Raja Ampat 2014 merupakan salah satu upaya mempromosikan potensi wisata  Raja Ampat sebagai kawasan konservasi perairan dalam rangka mengembangkan ekonomi kelautan,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia ini.

Untuk itu tema Sail Raja Ampat adalah Membangun Bahari, Menuju Raja Ampat ke Pentas Wisata Dunia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement