Sabtu 09 Aug 2014 05:12 WIB

Enam Kabupaten/Kota ini Batal Rekrut CPNS

 Tes Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS).   (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Tes Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengumumkan, sebanyak enam Pemerintah Kabupaten/Kota memastikan batal melakukan perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada periode 2014 ini.

Dalam situs www.menpan.go.id disebutkan, keenam kabupaten/kota yang batal melakukan perekrutan CPNS itu adalah: 1. Pemerintah Kabupaten Pakpak Barat; 2. Pemerintah Kota Palembang; 3. Pemerintah Kota Bengkulu; 4. Pemerintah Kabupaten Lampung Timur; 5. Pemerintah Kabupaten Sukoharjo; dan 6. Pemerintah Kota Denpasar.

Sebelumnya Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tasdik Kinanto mengatakan, instansi pemerintah  yang tidak segera menyampaikan rincian formasi untuk seleksi CPNS akan ditinggal, karena berarti memang tidak bersungguh-sungguh melakukan perekrutan.

Menurut jadwal, penyampaian rincian formasi seharusnya dilakukan paling lambat Jumat, (8/8). Tetapi hingga saat ini belum semua instansi pemerintah yang mendapatkan formasi menyerahkan rincian formasi CPNS.

"Baru 70 persen yang menyerahkan rincian formasi sampai sekarang ini," kata Kepala Bidang Perencanaan SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Syamsul Rizal, Kamis (7/8).

Dijelaskan terdapat 439 pemda yang mendapatkan alokasi formasi, sedangkan untuk pemerintah pusat sebanyak 71 istansi. Setelah mendapatkan alokasi formasi, mereka seharusnya menyerahkan rincian formasi.

Menurut Syamsul, walaupun sudah diberikan alokasi formasi, ada beberapa instansi yang menyatakan menunda pelaksanaan CPNS tahun 2014.

"Ada 5 instansi yang sudah mengirimkan surat ke Kementerian PAN-RB menyatakan tidak siap melaksanakan seleksi CPNS tahun ini," ungkapnya.

Syamsul menambahkan ada beberapa penyebab dari pembatalan instansi untuk terlibat dalam pelaksanaan seleksi CPNS. Keterbatasan anggaran dapat menjadi kendala untuk masing-masing instansi. Selain itu, instansi ingin fokus dalam penyelesaian penyaringan CPNS tahun lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement