Selasa 20 May 2014 12:49 WIB

Akhir Mei, Bandara Hang Nadim Beroperasi 24 Jam

Bandara Hang Nadim Batam
Foto: airports-worldwide.com
Bandara Hang Nadim Batam

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam menyatakan kesiapannya untuk beroperasi 24 jam mulai pekan keempat Mei 2014 mengantisipasi rencana pembukaan rute internasional dari Batam oleh sejumlah maskapai.

"Pertumbuhan penerbangan di Hang Nadim terus naik pesat. Sementara pada awal 2015 ada sejumlah maskapai akan membuka rute internasional dari Batam. Jadi mulai akhir Mei kami akan buka 24 jam," kata Kepala Kantor Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suprasetyo di Batam, Selasa (20/5).

Ia mengatakan saat ini Hang Nadim baru beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB. Sementara pada jam-jam tertentu penerbangan sangat padat. "Selain untuk melayani penerbangan internasional, dengan buka 24 jam diharapkan akan ada perubahan slot sehingga penumpukan tidak nampak pada jam-ja tertentu saja," kata dia.

Saat ini, kata dia, Lion Grup dan Citilink menjadikan hang nadim sebagai penghubung pada sejumlah wilayah di Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat. "Lion dan Citilink menjadi maskapai dengan rute penerbangan terbanyak. Sekitar pukul 11.00-15.00 WIB kondisi penerbangan sangat padat. Sehingga pesawat membutuhkan waktu lebih lama sebelum antre terbang. Sehingga kepadatan-kepadatan tersebut akan terurai pada jam-jam lain," kata Prasetyo.

Selain itu, kata dia, maskapai penerbangan Lion Air dan Batik air pada awal 2015 akan membuka penerbangan internasional melalui Batam. Sementara Citilink sudah menjalin kerja sama dengan Firefly sehinga akan berdampak pada peningkatan penerbangan.

Beroperasinya Maintenance Repair and Overhauld (MRO) di Hang Nadim Batam sejak awal 2014 juga sudah menambah kepadatan penerbangan sehingga pesawat yang dayang untuk service akan dijadwalkan tiba pada malam hari. "Selain datang untuk service, mereka juga akan mencoba pesawat usai service. Sehingga kalau dilakukan pada siang hari akan mengganggu jadwal penerbangan reguler. Sehingga efektif jika dilakukan malam hari," kata Suprasetyo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement