Kamis 03 Apr 2014 13:32 WIB

Jokowi Mulai Pembangunan Waduk Baru

Rep: Halimatus Sadiyah/ Red: A.Syalaby Ichsan
 Sejumlah alat berat melakukan pengerukan lumpur di Waduk Pluit, Jakarta, Selasa (8/10).  (Republika/Prayogi)
Sejumlah alat berat melakukan pengerukan lumpur di Waduk Pluit, Jakarta, Selasa (8/10). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memulai pembangunan waduk baru sebagai salah satu upaya untuk menanggulangi banjir.

Sebuah waduk dibangun lagi di Kelurahan Setu, Kecamatan Cilangkap, Jakarta Timur. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau lokasi pembangunan waduk yang memiliki nama Giri Kencana tersebut, Kamis (3/4).

Jokowi mengatakan, Waduk Giri Kencana akan memiliki luas 6,4 hektare. Waduk ini dapat menampung 320 ribu meter kubik air yang berasal dari aliran Kali Sunter dan anak Sunter. Sehingga, permukiman yang berada di sepanjang kali tersebut tidak akan tergenang lagi.

"Waduk ini enam bulan rampung," ujar mantan wali kota Solo tersebut.

Sama seperti waduk lainnya, di waduk ini juga akan dibangun taman sebagai area ruang terbuka hijau. Menurut Jokowi, taman di sekeliling waduk harus difungsikan sebagai ruang interaksi sosial.

Dia menambahkan, Waduk Giri Kencana ini merupakan bagian dari 24 waduk yang akan dibangun Pemprov DKI tahun ini. Dari 24 waduk, baru tiga waduk yang dimulai pembangunannya, yakni Waduk Marunda, Waduk Pondok Ranggon dan Waduk Giri Kencana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement