REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pencapresan Joko Widodo (Jokowi) yang diusung PDI Perjuangan menjadi obrolan menarik publik pada 14-17 Maret 2014.
Peneliti lembaga monitoring Awesometrics, Ade Raihana, mengatakan pihaknya menangkap 5.833 percakapan mengenai pencapresan Jokowi di Twitter. "Blusukan menjadi trending topic di media sosial pasca-pencapresan Jokowi," kata Ade dalam siaran pers kepada Republika, Rabu (19/3).
Puncak percakapan tersebut terjadi pada 14 Maret 2014 dengan 2,048 mention. Pada hari itu, percakapan menjadi ramai karena menanggapi pemberitaan media yang marak soal deklarasi pencapresan Jokowi.
Apalagi, kata Ade, media tetap mencari angle menarik di luar pencapresan tersebut, di antaranya soal blusukan. Konteks blusukan menjadi menarik karena identik dengan Jokowi selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.