Rabu 05 Feb 2014 15:35 WIB

Banjir di Jakarta, Jadwal Kereta ke Jawa Telat

Rep: Lilis Handayani/ Red: A.Syalaby Ichsan
Ratusan penumpang kereta api terlambat
Foto: Antara
Ratusan penumpang kereta api terlambat

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Banjir yang melanda Jakarta telah membuat jadwal kereta api mengalami keterlambatan. Sejumlah perjalanan kereta api juga terpaksa dialihkan.

Humas PT KA Daop 3 Cirebon, Suprapto, menjelaskan, akibat banjir tersebut, kereta-kereta yang berasal dari Jakarta menuju Semarang, maupun Purwokerto/Yogyakarta, mengalami kelambatan antara satu sampai dua jam.

"Atas keterlambatan yang disebabkan oleh banjir tersebut, kami mohon maaf (karena menyebabkan) ketidaknyamanan bagi para penumpang,’’ kata Suprapto, Rabu (5/2).

Suprapto menyebutkan, kereta-kereta yang mengalami kelambatan diantaranya, Kereta Api Argo Muria  dari Jakarta menuju Semarang Tawang yang terlambat 102 menit. Selain itu, Kereta Api Purwojaya dari Stasiun Gambir menuju Cilacap yang terlambat 50 menit, dan Kereta Api Sawung Galih pagi dari Stasiun Pasar Senen ke arah Kutoarjo yang terlambat 50 menit.

Tak hanya itu, kelambatan terjadi pada Kereta Api Fajar Utama Jogya dari Stasiun Pasar Senen – Yogyakarta selama 53 menit, serta Kereta Api Tawang Jaya dari Stasiun Pasar Senen menuju Semarang Poncol yang terlambat selama 52 menit.

Suprapto menambahkan, banjir yang terjadi akibat jebolnya tanggul Banjir Kanal Timur juga telah mengakibatkan ketinggian air diatas kop rel terus naik, Selasa (4/2).

Karenanya, untuk mengurangi kekusutan di jalur perlintasan utara, maka sejumlah kereta api diputar lewat selatan. Yakni kereta api Matar Maja, Majapahit, Bangun Karta dan Berantas. "Itu terjadi Selasa (4/2) sore,’’ tutur Suprapto. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement