Rabu 15 Jan 2014 13:32 WIB

BNPB Siapkan Rp 20 M untuk Modifikasi Cuaca

Rep: c57/ Red: Joko Sadewo
  Pesawat Hercules C-130 yang akan digunakan untuk operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau hujan buatan di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (14/1).  (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Pesawat Hercules C-130 yang akan digunakan untuk operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau hujan buatan di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (14/1). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Ma'arif, menyatakan, BNPB telah menyiapkan dana sebesar Rp 20 miliar untuk pelaksanaan operasional Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). TMC digunakan untuk menanggulangi dampak banjir di wilayah Jakarta Raya atau Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Bekasi (Jabodetabek).

"Kami telah siapkan dana sebesar Rp 20 miliar untuk menanggulangi banjir di wilayah Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Jika dana dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum diketok, ya tidak apa-apa. Yang penting ada surat tugas Pak Joko Widodo (Jokowi), kita langsung bisa jalan," ujar Syamsul Ma'arif dalam acara konferensi pers di Lapangan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (15/1).

Menurutnya, Pada Selasa (14/1), surat dari Jokowi sudah ada, bahkan sudah ditandatangani. Namun karena ada perbaikan sedikit, maka pada Kamis (15/1) baru akan diterbitkan. Dengan surat itu BNPB sudah bisa memanfaatkan dana siap pakai sambil menunggu proses anggaran di Pemprov DKI Jakarta.

Karena proyek ini targetnya sekitar dua bulan, lanjutnya, mudah-mudahan sebelum dua bulan sudah bisa disahkan anggarannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement