Sabtu 04 Jan 2014 07:18 WIB

Hasil Pilbup Cirebon Putaran Kedua Diumumkan Hari Ini

Rep: Lilis Handayani/ Red: Karta Raharja Ucu
Kota Cirebon (ilustrasi)
Foto: LINGKAR JABAR
Kota Cirebon (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon akan mengumumkan pemenang Pilbup Cirebon putaran kedua, Sabtu (4/1).

Pengumuman itu akan didahului rapat pleno rekapitulasi manual hasil Pilbup yang diselenggarakan Ahad (29/12/2013) kemarin. Rapat pleno rekapitulasi manual KPU akan dilaksanakan di Asrama Haji Watubelah, Sumber, Kabupaten Cirebon.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Iding Wahidin, menyatakan, penghitungan suara di tingkat kecamatan telah selesai. Karenanya, penghitungan suara oleh KPU bisa dilakukan hari ini.

 

"Sebenarnya Jumat (3/1) pun bisa, tapi waktunya nanti akan terpotong Shalat Jumat. Jadi kami putuskan Sabtu ini," kata Iding.

Iding menjamin netralitas dan transparansi KPU dalam penghitungan suara pilbup. Ia meyakinkan pihaknya tidak akan melakukan kecurangan saat membacakan hasil perhitungan suara nanti.

Pilbup Cirebon terpaksa dilakukan dua putaran. Sebab, dari enam pasnagan calon, tidak ada satupun pasangan yang berhasil meraih suara 30 persen dalam pilbup putaran pertama pada 6 Oktober 2013.

Dari enam pasangan calon itu, yang berhak maju dalam pilbup putaran kedua adalah pasangan Sunjaya Purwadi-Tasiya Soemadi dan Raden Sri Heviyana Supardi-Rakhmat. Salah satu dari mereka nantinya akan menggantikan bupati dan wakil bupati sebelumnya, Dedi Supardi-Ason Sukasa, yang habis masa jabatannya pada 10 Desember 2013.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement