Ahad 29 Dec 2013 13:06 WIB

Sleman Sumbang Pemikiran Keistimewaan Yogyakarta

Rep: Nur Aini/ Red: Yudha Manggala P Putra
Kota Yogyakarta
Foto: blogspot.com
Kota Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan mengirimkan usulan tentang konsep keistimewaan Yogyakarta. Masukan tersebut diberikan lantaran Kabupaten Sleman dinilai memiliki kebudayaan yang berkontribusi terhadap keistimewaan Yogyakarta.

"Kita akan mengirimkan tulisan yang menjawab apa yang menyebabkan Yogyakarta istimewa," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sleman, AA Ayu Laksmidewi ditemui di Sleman akhir pekan lalu.

Usulan tersebut terkait dengan undang-undang keistimewaan Yogyakarta no 13 tahun 2013. Kabupaten Sleman dinilai mewarnai keistimewaan Yogyakarta di bidang kebudayaan. "Kami sudah punya konsep, budaya itu luas sekali tidak hanya seni dan pertunjukan," ujar Ayu.

Masukan bagi keistimewaan Yogyakarta merupakan inisiatif dari Pemkab Sleman. Ayu mengaku usulan akan diberikan berupa tulisan yang akan diberikan kepada pemerintah provinsi. "Tulisan segera selesai tetapi belum bisa ditentukan pastinya," ungkap Ayu.

Sleman dinilai memiliki nilai-nilai luhur yang mewarnai keistimewaan Yogyakarta seperti sembada dan gotong royong. Selain itu, Sleman memiliki sejumlah cagar budaya salah satunya adalah candi prambanan. Ayu mengatakan Sleman juga memiliki desa budaya yang masih mempertahankan nilai-nilai luhur dalam kehidupan sehari-hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement