Ahad 22 Dec 2013 18:00 WIB

Djarum Foundation Beri Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Warga Tambora

 Satgas Kebakaran tengah berlatih menangani kebakaran di halaman Kelurahan Pekojan, Tambora, Jakarta Barat, Ahad (22/12).  (Republika/Yasin Habibi)
Satgas Kebakaran tengah berlatih menangani kebakaran di halaman Kelurahan Pekojan, Tambora, Jakarta Barat, Ahad (22/12). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sumbangsih Sosial Djarum Foundation bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta, Kecamatan Tambora dan warga masyarakat telah melakukan Sosialisasi, Pelatihan dan Pembentukan Satuan Tugas (SATGAS) Pencegahan Kebakaran di Wilayah Kecamatan Tambora.

"Pada tahun 2013 tercatat telah 15 RW dari lima Kelurahan dengan jumlah anggota lebih dari 1.650 orang mengikuti Sosialisasi dan Pelatihan Pencegahan Kebakaran di Kecamatan Tambora. Mereka adalah warga masyarakat yang diharapkan dapat melakukan upaya pencegahan kebakaran pada lingkungan sekitar sekaligus mampu dan sigap menangani kebakaran dalam skala tertentu,” ujar Program Manager Sumbangsih Sosial Djarum Foundation, Budi Darmawan.

Hasil positif dari pelatihan ini diakui oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta, Subejo. “Sampai Desember 2013 di wilayah Tambora memang masih terjadi 42 kejadian kebakaran. Namun yang membanggakan adalah meningkatnya peran aktif warga, 28 kebakaran awal bisa dipadamkan oleh warga sendiri. Sementara unit Dinas Pemadam Kebakaran hanya perlu menangani 14 kejadian kebakaran lainnya," katanya.

“Khusus di wilyah RW binaan Djarum Foundation angka kebakarannya adalah nol persen. Artinya sosialisasi yg dilakukan oleh Djarum Foundation dan Dinas Pemadam Kebakaran berhasil mempengaruhi perilaku dan sikap terhadap bahaya kebakaran,” tambahnya.

Dinas Kebakaran DKI Jakarta mencatat bahwa selama ini wilayah Kecamatan Tambora merupakan wilayah merah, wilayah yang secara rata-rata selalu menempati posisi tertinggi dalam keterjadian kebakaran.

Hari ini, Ahad (22/12), giliran warga di RW 08 dan RW 09 Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora, mendapatkan sosialisasi, pelatihan tentang Kebakaran dan sekaligus pelantikan Satgas DAMKAR RW 08 dan RW 09 Kelurahan Pekojan. Materi yang diberikan dalam sosialisasi dan pelatihan pencegahan kebakaran adalah pengenalan instalasi listrik, tabung gas, unsur-unsur pembentuk api dan macam- macam alat pemadam kebakaran.

Selain itu, SATGAS juga dilatih cara-cara pemadaman api, mulai dengan peralatan sederhana seperti karung basah hingga penggunaan tabung pemadam api.

Djarum Foundation dalam kegiatan ini memberikan sumbangan alat pemadam kebakaran berupa 20 buah Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR), 20 buah Fireblanket kepada masing-masing RT di lingkungan RW 08 dan RW 09 serta 2 buah Alat Pemadam Kebakaran Beroda (APAB) untuk RW 08 dan RW 09 Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora.

Pelibatan warga merupakan aspek utama dalam upaya pencegahan kebakaran ini. Kebakaran hunian merupakan salah satu masalah sosial yang sebenarnya dapat diminimalisir bila terdapat partisipasi aktif warga dalam pecegahan dan penanganan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement