Ahad 27 Oct 2013 12:31 WIB

Warga Tambora Peroleh Bantuan Alat Pemadam Kebakaran

Sosialisasi pencegahan kebakaran di Kelurahan Pekojan, Tambora, Jakarta Barat.
Foto: dokpri
Sosialisasi pencegahan kebakaran di Kelurahan Pekojan, Tambora, Jakarta Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari ini, Ahad (27/10), warga di RW 10 dan RW 12 Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora, mendapatkan sosialisasi sekaligus pelatihan tentang pencegahan kebakaran. Materi yang diberikan dalam acara tersebut adalah pengenalan instalasi listrik, tabung gas, unsur-unsur pembentuk api dan macam-macam alat pemadam kebakaran.

Selain itu warga juga dilatih cara-cara pemadaman api, mulai dengan peralatan sederhana seperti karung basah hingga penggunaan tabung pemadam api. Warga juga diberi sumbangan alat pemadam kebakaran berupa 26 buah Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR), 26 buah Fireblanket dan 2 buah Alat Pemadam Kebakaran Beroda (APAB).

Sumbangsih Sosial Djarum Foundation bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Barat Sektor Tambora sejak tahun 2012 telah melakukan Sosialisasi, Pelatihan dan Pembentukan Satuan Tugas (SATGAS) di Wilayah Kecamatan Tambora.

“Tercatat telah 7 RW dengan jumlah anggota lebih dari seribu orang. Mereka adalah warga masyarakat yang diharapkan dapat melakukan upaya pencegahan kebakaran pada lingkungan sekitar sekaligus mampu  dan sigap menangani kebakaran dalam skala tertentu,” kata Budi Darmawan, Program Manager Sumbangsih Sosial Djarum Foundation dalam rilis yang diterima ROL.

“Sampai Oktober 2013 di wilayah Tambora terjadi 31 kejadian kebakaran dengan rincian 14 dipadamkan oleh Petugas Damkar dan 17 bisa dipadamkan oleh warga. Khusus di wilayah RW binaan Djarum Foundation angka kebakarannya adalah nol persen. Artinya sosialisasi yg dilakukan oleh Djarum Foundation dan Dinas Pemadam Kebakaran berhasil mempengaruhi perilaku dan sikap terhadap bahaya kebakaran,” ujar DanTon Dinas Pemadam Kebakaran Sektor Tambora, Joko Susilo.

Kebakaran hunian merupakan salah satu masalah sosial yang sebenarnya dapat diminimalisir bila terdapat partisipasi aktif warga dalam pecegahan dan penanganan.  Dinas Kebakaran DKI Jakarta mencatat bahwa jumlah kejadian kebakaran dari awal tahun 2013 hingga 24 Oktober 2013 di wilayah Jakarta Barat saja terjadi sebanyak 215 kasus kebakaran. Di Jakarta Barat sendiri wilayah Kecamatan Tambora merupakan wilayah yang secara rata-rata selalu menempati posisi tertinggi dalam kejadian kebakaran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement