Ahad 22 Dec 2013 15:30 WIB

Tahun Baru, Polrestabes Surabaya Terapkan 'Car Free Night'

Rep: Rr Laeny Sulistyawati / Red: Djibril Muhammad
Kemeriahan kembang api di malam tahun baru
Foto: Republika
Kemeriahan kembang api di malam tahun baru

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Polrestabes Surabaya, Jawa Timur (Jatim) akan menerapkan kegiatan car free night di beberapa lokasi di Kota Surabaya saat malam pergantian tahun baru 2014.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Raydian Kokrosono mengatakan, car free night merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan Polrestabes Surabaya di Surabaya.

Pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

"Car free night akan berlangsung pada 31 Desember 2013 mulai pukul 16.00 WIB sampai pukul 02.00 WIB," katanya kepada Republika, Ahad (22/12).

Namun, sejak pagi hari dilakukan persiapan loading barang-barang untuk panggung sehingga dilakukan rekayasa buka tutup jalan untuk arus lalu lintas. Raydian menyebutkan, car free night akan diterapkan di dua lokasi di empat ruas jalan.

Lokasi pertama yaitu Jalan Raya Darmo-Al Falah-Polisi Istimewa. Lokasi kedua yaitu di Tunjungan-Grahadi-Panglima Sudirman.

Di ruas jalan-jalan tersebut merupakan akses Rumah Sakit (RS) Darmo, 24 gereja, dan lima hotel yaitu Hotel Mercure, Mojopahit, Inna Simpang, Elmi, dan Tanjung. Untuk itu Polrestabes Surabaya telah melakukan sosialisasi dan koordinasi kepada RS, gereja, dan hotel yang jadi lokasi terdampak.

Pada koordinasi itu, dibahas juga akses kendaraan pribadi supaya dapat memasuki RS, gereja, dan hotel di lokasi itu. Polrestabes Surabaya telah membahas pengalihan arus lalu lintas, mulai contraflow dan pemasangan cone.

Salah satu titik yang akan dibuatkan sistem contraflow adalah Hotel Majapahit di Jalan Tunjungan. Telah disediakan akses masuk dan keluar dari depan hotel menuju Jalan Simpang Dukuh. Dengan demikian aktivitas RS, gereja, dan hotel tersebut tidak terlalu berdampak.

"Kemudian, Polrestabes Surabaya juga yang bekerja sama dengan Dishub Surabaya telah menyediakan area parkir di sekitar jalan yang digunakan untuk car free night," ujarnya.

Di area Darmo disediakan 12 titik parkir. Diperkirakan area parkir itu dapat menampung 1.020 mobil dan 5.100 sepeda motor dan dijaga 48 tukang parkir.

Sementara itu ada 10 titik area parkir di Jalan Tunjungan-Gubernur Suryo-Panglima Sudirman. Semua lokasi itu diperkirakan bisa menjadi tempat parkir 3.800 mobil dan 16.900 sepeda motor.

Raydian menyebutkan, untuk kegiatan tersebut sebanyak 450 personel Satlantas Polrestabes Surabaya yang diterjunkan. Jumlah itu belum ditambah dengan petugas gabungan Polrestabes Surabaya. Sehingga total personel yang diterjunkan adalah lebih dari 1.000 orang.

"Diharapkan kegiatan car free night dapat mengurangi dampak kemacetan dan meminimalkan konvoi keliling kota," ujarnya.

Pihaknya akan mengevaluasi hasil kegiatan ini. Jika dinilai sukses, kegiatan ini akan kembali dilakukan pada malam pergantian tahun baru 2015 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement