Jumat 20 Dec 2013 14:27 WIB

Lima Tol Baru Jasa Marga Dibuka Tahun Depan

Rep: Friska Yolandha/ Red: A.Syalaby Ichsan
Jasa Marga
Foto: article.wn.com
Jasa Marga

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- PT Jasa Marga Tbk (JSMR) akan mengoperasikan lima ruas tol baru sepanjang 47,3 kilometer. Kelima ruas tol akan beroperasi secara bertahap tahun depan.

Kelima ruas tol tersebut adalah Jakarta Outer Ring Road (JORR) W2 Utara ruas Kebon Jeruk-Ulujami (7,07 km), Bogor Ring Road ruas Kedunghalang-Kedungbadak (2 km), Semarang-Solo ruas Ungaran-Bawean (12,3 km), Gempol-Pandaan (12 km), dan Gempol-Pasuruan ruas Gempol-Rembang (13,9 km).

Tahun ini, perseroan sudah menyelesaikan pembangunan dua ruas tol baru sepanjang 18,23 km, yaitu Tol Bali-Bandara (12,7 km) dan Tol JORR W2 Utara ruas Kebon Jeruk-Ciledug (5,53 km). "Saat ini JORR W2 sedang uji kelaikan operasi," kata Direktur Keuangan Reynaldi Hermansjah, Kamis (19/12) malam.

Tol JORR W2 akan mengurangi kepadatan tol dalam kota sebesar 30 persen. Pasalnya, kendaraan dari arah Bekasi dan Bogor yang menuju bandara atau Tangerang tidak perlu melintasi tol dalam kota.

Bila sudah beroperasi, secara keseluruhan JORR W2 akan menghubungan sejumlah ruas tol yang sebelumnya sudah beroperasi, yaitu Jakarta-Cikampek, Jagorawi, Jakarta-Serpong, dan Tol Soediyatmo.

Tol Bogor Ring Road diharapkan mengurangi kepadatan kendaraan dari arah Yasmin menuju Jakarta melalui Jagorawi. Tol Semarang-Solo ruas Ungaran-Bawean akan mengurangi kepadatan di jalan arteri yang semakin tinggi. Tol ini juga mempersingkat waktu tempuh dari Bawean ke Semarang dari 1-2 jam menjadi kurang dari 30 menit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement