Senin 25 Nov 2013 22:40 WIB

Aktifitas Sinabung Meningkat, Warga Tanah Karo Mengungsi ke Langkat

Aktivitas Gunung Sinabung yang masih menyemburkan debu vulkanik dilihat dari Desa Tiga Pancur, Karo, Sumut, Kamis (7/11).   (Antara/Irsan Mulyadi)
Aktivitas Gunung Sinabung yang masih menyemburkan debu vulkanik dilihat dari Desa Tiga Pancur, Karo, Sumut, Kamis (7/11). (Antara/Irsan Mulyadi)

REPUBLIKA.CO.ID, LANGKAT, SUMUT -- Warga lima desa yang ada di Kecamatan Naman Teran Kabupaten Tanah Karo Provinsi Sumatea Utara, kini mengungsi ke Kabupaten Langkat, akibat erupsi dari Gunung Sinabung.

"Ada warga lima desa dari Tanah Karo yang kini mengungsi ke Langkat," kata Kepala Wilayah Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat Akhyar di Sei Bingei, Senin (25/11).

Warga lima desa itu berasal dari desa Kebayekan, Kutagunggung, Sigarang-garang, Dalan Jahe, Kuta Rakyat Kecamatan Naman Teran Kabupaten Tanah Karo, katanya. Total warga yang sekarang mengungsi dari lima desa tersebut sekitar 172 jiwa, yang sebelumnya 131 jiwa.

"Menyusulnya warga yang mengungsi karena aktifitas Gunung Sinabung yang terus semakin meningkat statusnya menjadi awas," katanya.

Akhyar juga menjelaskan seluruh pengungsi dikonsentrasikan di balai desa Telagah, yang dperkirakan akan semakin bertambah jumlahnya mengingat status gunung Sinabung sekarang ini.

"Saat ini, kita masih melakukan pendataan jumlah pengungsi dewasa maupun jenis kelaminnya, utamanya kita berupaya memberikan perhatian semaksimal mungkin agar mereka merasa nyaman sebagaimana diinstruksikan Bupati terkait bencana dialami saudara-saudara kita ini, uajrnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement