Kamis 15 Apr 2021 19:24 WIB

Gunung Sinabung Menyemburkan Abu Vulkanik

Gunung Sinabung Kamis mengalami erupsi selama tiga menit tiga detik.

 Gunung Sinabung
Foto: AP/Binsar Bakkara
Gunung Sinabung

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, pada Kamis (15/4) mengalami erupsi dan menyemburkan abu vulkanik dengan tinggi kolom 1.500 meter dari atas puncak gunung. Kepala Pos Pantau Gunung Sinabung Armen Putra mengatakan semburan abu yang berwarna kelabu dibawa angin ke arah barat dan barat laut.

Gunung Sinabung Kamis mengalami erupsi dengan amplitudo 30 mm selama tiga menit tiga detik. Saat ini, status aktivitas vulkaniknya berada pada Level III (Siaga).

Baca Juga

Dalam kondisi itu, warga direkomendasikan tidak melakukan kegiatan di desa-desa yang sudah direlokasi serta area dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung, radius sektoral lima kilometer untuk sektor selatan-timur, dan radius empat kilometer untuk sektor timur-utara. Saat terjadi hujan abu, warga diimbau memakai masker bila ke luar rumah untuk menghindari dampak abu vulkanis terhadap kesehatan serta mengamankan sumber air bersih dan membersihkan atap rumah dari abu.

"Masyarakat yang bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," kata Armen.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement