Senin 25 Nov 2013 16:37 WIB

Parpol Islam Dinilai Tak Miliki Tokoh Kuat

Partai Islam
Partai Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menilai partai politik berbasis Islam tidak memiliki tokoh kuat untuk dimajukan sebagai bakal calon presiden di Pemilu 2014, sehingga menjadi penghambat dibentuknya koalisi di antara partai-partai tersebut.

"Mahfud MD memang bisa untuk menjadi tokoh itu, namun pertanyaannya apakah para pemimpin partai Islam 'legowo' dan mau mendukung dia," kata Kepala Pusat Penelitian Politik LIPI Syamsuddin Haris usai sosialisasi "Penelitian dan pengembangan IPTEK dan Kajian Pemilu Dunia" di Jakarta, Senin (25/11).

Syamsuddin tidak yakin koalisi parpol tersebut bisa bersaing dalam Pilpres karena jumlah suaranya tidak signifikan. Menurut dia, basis dukungan pemilih terhadap partai berbasis Islam apabila mengacu pada Pemilu 2004 dan Pemilu 2009 kurang lebih sebesar 30 persen. "Lihat saja dari pemilu 1999 hingga 2009, jumlahnya kurang lebih 30 persen," ujarnya.

Syamsuddin menilai, walaupun secara sosiologis jumlah umat Islam sangat besar namun secara politik adalah minoritas. Dia mencontohkan ketika Pemilu 1955 pemenang pemilu bukan dari partai Islam tetapi PNI yang berbasis nasionalis. "Di Pemilu 1955 bukan partai Islam yang menang, namun PNI sedangkan Partai Masyumi diurutan kedua," katanya.

Selain itu dia menilai koalisi partai Islam lebih banyak gagal dibandingkan berhasil dalam perjalanan politik Indonesia. Dia mencontohkan, di tahun 1999 menjelang pemilihan presiden di MPR muncul Poros Tengah yang berhasil mengantarkan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai presiden. "Poros Tengah berhasil memperjuangkan Gus Dur sebagai presiden namun yang menjatuhkan dia adalah kelompok tersebut," ujarnya.

Partai Persatuan Pembangunan kembali menggulirkan wacana koalisi partai-partai berbasis massa Islam menjadi satu kekuatan menjelang Pemilu Presiden 2014. Konvensi itu untuk menjaring calon presiden yang mewakili umat muslim Indonesia secara menyeluruh. Melalui mekanisme tersebut, PPP mengharapkan dapat menjaring tokoh-tokoh alternatif bagi umat Islam.

PPP menilai melalui pelibatan parpol berbasis Islam atau berorientasi pemilih Islam dan organisasi masyarakat Islam maka ada penguatan yang terjadi di antara sesama muslim untuk meentukan nasib bangsa Indonesia

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement