Jumat 08 Nov 2013 16:44 WIB

Forum Guru Prihatin Seks Bebas Pelajar

Rep: Rusdi Nurdiansyah/ Red: A.Syalaby Ichsan
seks bebas kini juga menjadi masalah utama remaja di Indonesia
Foto: antara
seks bebas kini juga menjadi masalah utama remaja di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Forum Musyawarah Guru (FMG) Retno Listyarti merasa prihatin atas maraknya perilaku mesum yang dilakukan kalangan pelajar SMA bahkan pelajar SMP.

''Banyak pihak yang salah. Orang tua dan sekolah kurang melakukan kontrol. Media massa, terutama media televisi juga yang paling bertanggungjawab karena banyak memberikan dampak negatif yang sangat cepat ditiru para pelajar,'' ujar Retno saat dihubungi Republika, Jumat (8/11).

Lebih jauh, diutarakan Retno, perilaku seks bebas pelajar terjadi dikarenakan berbagai faktor di antaranya organisasi yang tidak berjalan baik di sekolah. Dikatakannya, organisasi di sekolah sebenarnya mampu menangkal perbuatan tersebut.

''Kami menilai banyak Organisasi Siswa Intera Sekolah (OSIS) di sekolah tidak berjalan. Jadi peran OSIS perlu ditingkatkan,'' tegasnya. Menurut Retno, pemicunya lagi adalah sistem pendidikan sekolah yang salah yang hanya mementingkan mengejar nilai tanpa mempedulikan pembentukan karakter pelajar.

Selain itu, sekolah tidak mampu memotivasi budaya membaca bagi para pelajar. ''Budaya baca rendah, tapi yang  budaya menontonnya tinggi. Ini sudah sangat mengerikan,'' ungkapnya. Retno berharap, pihak sekolah, terutama guru-guru harus tahu, paham dan mengerti permasalah anak didik.

''Pihak sekolah harus menyediakan ruang anak-anak untuk berekspresi, bukan hanya digenjot untuk belaja. Anak-anak itu memiliki energi lebih yang segera disalurkan ke arah yang positif, kalau tidak energi itu akan dengan sendiri menunju ke negatif,'' tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement