Ahad 24 Nov 2013 02:11 WIB

Pendidikan Agama Sejak Dini Cegah Video Mesum Pelajar

Rep: Nora Azizah/ Red: A.Syalaby Ichsan
Beberapa bocah tampak khusyuk mengaji di sebuah masjid (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Beberapa bocah tampak khusyuk mengaji di sebuah masjid (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasus video porno anak yang diperankan dan disutradarai oleh anak atau pun kasus perkosaan yang dilakukan oleh anak-anak merupakan akibat dari kurangnya pengetahuan mengenai agama. Karena itu, penting bagi orang tua mengenalkan ajaran agama sejak buah hatinya masih kecil.

“Bagi yang beragama Islam, ajarkan anak Alquran surah an-Nur ayat 30 dan 31 yang isinya mengingatkan kita untuk menahan pandang an dan menjaga kemaluan,” ujar psikolog Elly Risman, kepada Republika

Jika mata terbiasa melihat yang tak patut untuk dipandang, otak akan rusak. Selanjutnya, dorongan dari kemaluan tidak bisa dikendalikan. 

“Pendidikan agama memang sudah bisa diajarkan sejak kecil, namun penekanannya dilakukan saat anak menginjak usia sembilan tahun, menjelang baligh,” tutur Elly.

Selain itu, komunikasi yang terbuka antara anak dan orang tua juga sangat penting. Anak yang merasa dekat dengan orang tua akan merasa nyaman untuk bertanya mengenai apa pun, termasuk mengenai seks. “Ajarkan pendidikan seks dan seksualitas yang benar, sehat, dan lurus,” ujarnya.

sumber : Harian Republika/Reiny Dwinanda
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement