Senin 21 Oct 2013 19:59 WIB

Kedubes Norwegia Hibahkan 600 Ribu Euro untuk Sumba

Energi Terbarukan - Ilustrasi
Energi Terbarukan - Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kedutaan Besar Norwegia akan menyumbangkan dana hibah sebesar 600.000 euro untuk mendukung Pulau Sumba sebagai proyek percontohan penggunaan energi terbarukan.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (21/10), dukungan dana untuk program bertajuk "Pulau Ikonik Sumba" itu diberikan melalui organisasi pembangunan Belanda, Hivos, dengan dukungan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

"Alasan utama kami memberikan dukungan pada program ini adalah kerjasama yang terjalin antarpemangku kebijakan serta kesempatan untuk turut mendukung pembangunan melalui energi terbarukan," kata Minister Counsellor dari Kedutaan Besar Norwegia Marianne Damhaug.

Dia mengatakan Sumba dapat menjadi model bagi daerah atau pulau lain di Indonesia atau bahkan diluar negeri.

Dana hibah itu, menurut Damhaug, akan digunakan untuk memfungsikan sekretariat Kelompok Kerja Sumba yang dipimpin oleh Kementerian ESDM.

Selain itu untuk menerapkan solusi energi terbarukan seperti panel surya untuk memompa air irigasi, pembangkit listrik tenaga air bagi masyarakat terpencil, warung energi yang menyediakan lentera surya dan pengisian ponsel dan biogas yang dihasilkan dari kotoran hewan ternak untuk memasak dan penerangan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement