Rabu 16 Oct 2013 10:26 WIB

Jokowi Jamin Monorel Tak Berhenti Tengah Jalan

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Hazliansyah
Monorel (ilustrasi)
Foto: AP/John Raoux
Monorel (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo hari ini, Rabu (16/10) meresmikan dimulainya kembali pembangunan proyek monorel di Jakarta. Acara groundbreaking tersebut dilakukan di depan Tugu 66, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Setelah proyek ini berhenti selama lima tahun, pada hari ini, dengan mengucap bismillahirrahmaniirahim, proyek monorel saya nyatakan dilanjutkan kembali," ujar Jokowi yang mengenakan rompi dan helm khusus kontruksi.

Gubernur yang hobi 'blusukan' itu kemudian mengoperasikan alat berat untuk membuat galian sebagai tanda dilanjutkan kembali kontruksi fisik monorel.

Menurut Jokowi, proyek yang akan memakan dana Rp 15 triliun ini sama sekali tidak menggunakan anggaran dari APBD. Sebab, kata dia, proyek tersebut murni dikerjakan oleh swasta yaitu Ortus Holdings.

Jokowi menjamin, kontruksi monorel tidak akan kembali berhenti di tengah jalan seperti yang pernah terjadi. Sebab, kata dia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah memiliki tim khusus yang akan mengawasinya.

Selain itu, kata dia, pihak swasta juga telah membuat surat pernyataan mengenai kesiapan dana untuk pembangunan monorel.

"Ini akan dikawal dan diawasi terus," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement