Senin 09 Sep 2013 11:05 WIB

PVMBG: Status Gunung Lokon Masih Siaga III

Gunung Lokon
Gunung Lokon

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Bandung masih menetapkan status siaga level III Gunung Lokon di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara.

"Statusnya tidak kami naikkan ke awas. Tidak ada perubahan masih siaga meskipun terjadi letusan," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu di Kakaskasen, Farid Ruskanda Bina, Senin (9/9).

Farid menjelaskan, sebelum terjadi letusan pada pukul 06.34 WITA dengan ketinggian debu letusan 1.500 meter, terjadi peningkatan kegempaan vulkanik mulai pukul 22.00 WITA yang mencapai puluhan kali. "Beginilah karakteristik Gunung Lokon, walaupun menunjukkan tren penurunan aktivitas, terjadi peningkatan kegempaan sering diikuti dengan letusan," bilang Farid.

Karenanya, Farid mengatakan, rencana mengusulkan penurunan status dari siaga ke waspada berpeluang ditunda pascaletusan yang diikuti dengan suara gemuruh dari kawah Tompaluan.

"Kami masih terus melakukan evaluasi, termasuk memberikan laporan secara berkala kepada PVMBG Bandung. Mungkin usulan penurunan status masih akan dilihat lagi karena letusan menandakan aktivitasnya belum stabil atau normal," katanya.

Pascaletusan, kata Farid, aktivitas Gunung Lokon menurun kembali, tidak terjadi letusan meski masih tercatat tremor vulkanik dengan amplitudo maksimum mencapai 14 milimeter. Gunung Lokon terakhir meletus pada tanggal 22 Juli 2013, dan letusan ini adalah rangkaian dari peningkatan aktivitas vulkanik yang dimulai sejak Juli 2011.

PVMBG pernah menetapkan status awas pada IV. Namun, setelah letusan di akhir Juli 2011, statusnya diturunkan menjadi siaga dan berlangsung hingga saat ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement