Kamis 29 Aug 2013 21:13 WIB

Pemantau Jogjakarta dan Riau Awasi Langsung PIigub Jatim

Petugas KPU saat mengecek kelengkapan logistik Pilkada Jatim.
Foto: ANTARA FOTO
Petugas KPU saat mengecek kelengkapan logistik Pilkada Jatim.

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--Badan Pengawas Pemilu melibatkan tim pemantau dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Riau dalam pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur, Kamis.

Menurut Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bangkalan Fajar Hariyanto, pelibatan tim pemantau dari daerah lain itu dimaksudkan untuk memaksimalkan peran institusi pengawas dalam pesta demokrasi di Jawa Timur sekaligus untuk menekan kemungkinan pelanggaran.

"Tim pemantau dari Yogyakarta dan Riau itu sempat memantau secara langsung pelaksanaan pemungutan suara di Kabupaten Bangkalan bersama KPU Jatim," kata Hariyanto.

Tidak hanya itu saja, tim pemantau dari Bawaslu Lampung juga ikut melakukan pemantauan. Bersama KPU dan Bawaslu Jatim, tim pemantau dari luar Jawa Timur ini juga melakukan pemantauan dengan berkeliling ke sejumlah kecamatan di Kabupaten Bangkalan.

KPU dan Bawaslu memantau secara langsung kondisi pencoblosan di TPS 4 Kelurahan Keraton, Kecamatan Kota, Bangkalan.

Menurut anggota KPU Jatim Nadjib Hamid di Bangkalan, secara umum pelaksanaan pesta demokrasi di kabupaten paling barat Pulau Madura itu berlangsung dengan aman dan lancar dan tidak ditemukan pelanggaran yang berarti.

Kendatipun demikian, ia mengakui, tingkat peran serta masyarakat Bangkalan dalam menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Jatim di Bangkalan kali ini rendah.

Warga Bangkalan yang terdata sebagai pemilih dan berhak menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Jatim 29 Agustus 2013 sebanyak 756.337 orang. Mereka itu terdiri dari 373.003 orang pemilih laki-laki dan sebanyak 383.334 orang sisanya merupakan pemilih perempuan.

Jumlah pemilih ini berdasarkan data daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP). Sebelumnya, jumlah pemilih di Kabupaten Bangkalan berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan oleh KPU sebanyak 756.641 atau berkurang sebanyak 204 orang.

Para pemilih Pilkada Jatim di Kabupaten Bangkalan itu menggunakan hak pilihnya di 1.998 tempat pemungutan suara yang tersebar di 281 desa/kelurahan di 18 kecamatan di wilayah itu.

"Secara umum pelaksanaan pemungutan suara di Kabupaten Bangkalan berlangsung dengan aman dan lancar," kata anggota Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Jatim Najib Hamid.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement