Ahad 18 Aug 2013 17:33 WIB

Penumpang Transjakarta Terlantar di Shelter Bundaran HI Hingga Tiga Jam

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nidia Zuraya
Transjakarta
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Transjakarta

REPUBLIKA.CO.ID, BUNDARAN HI -- Penumpang Transjakarta jurusan Kota - Blok M karena berlangsungnya Monas Jakarta Karnaval sore ini. Kepala UPT Transjakarta Pargaulan Butar - Butar mengatakan telah mensosialisasikan pengalihan jalur bus Transjakarta sejak Kamis (15/8). "Pengalihan bus Transjakarta akan dilakukan dari pukul 15.00 hingga pukul 18.00 wib," ujarnya pada ROL, Ahad (18/8).

Pamflet pemberitahuan telah terpasang di setiap shelter. Namun petugas tidak ada yang secara tegas menutup loket penjualan karcis untuk penumpang yang akan menuju Blok M.

Bus Transjakarta arah Blok M  dialihkan dari Harmoni melalui Gambir dan keluar Kebon Sirih. Rute kedua dari Harmoni, Gambir kemudian Kebon Sirih dan keluar Bundaran HI. Rute ketiga busway akan langsung menuju Blok M melalui Kuningan Barat menuju halte Jamsostek.

Pantauan ROL di lapangan, beberapa penumpang menunggu bus Transjakarta selama hampir tiga jam. "Harusnya petugas inisiatif untuk menutup shelter dan tidak melayani penumpang,"ujar Ida penumpang bus Transjakarta jurusan Blok M.

Beberapa menit kemudian, petugas mengumumkan pada penumpang yang menuju Blok M untuk naik bus Transjakarta ke arah Kota terlebih dahulu dan transit di Harmoni. Sempat penumpang mengeluhkan tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Salah seorang petugas bus Transjakarta pun mengaku tidak ada arahan waktu tepatnya jalur bus Transjakarta akan ditutup. Sehingga pihaknya tidak dapat sembarangan melakukan tindakan. "Saya juga nggak tahu kapan pengalihannya, saya hanya tahu akan ditutup,"ujarnya petugas bernama Endri ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement