Selasa 23 Jul 2013 17:29 WIB

Empat Calon Kapolri Dinilai Sebagai Prajurit Kredibel

Rep: M Akbar Wijaya/ Red: Dewi Mardiani
Priyo Budi Santoso
Foto: Antara/Wahyu Putro
Priyo Budi Santoso

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, melihat empat nama calon Kapolri cukup kredibel memimpin lembaga penegak hukum itu. Menurut Priyo, mereka memiliki rekam jejak yang cukup baik sebagai prajurit sapta marga.

"Keempatnya adalah prajurit yang menonjol," kata Priyo kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/7). Meski demikian, Priyo menyatakan DPR berposisi menunggu keputusan presiden.

Menurutnya, nama calon Kapolri yang telah dipilih Presiden akan segera diuji oleh DPR. Priyo enggan berpendapat secara rinci mengenai masing-masing calon kapolri. "Terpulang kepada presiden akan memutuskan siapa," ujarnya.

Melihat tahun politik 2014 mendatang, Priyo menyatakan, figur Kapolri mendatang mesti profesional. Kapolri tidak boleh memiliki keberpihakan politik dengan salah satu partai tertentu. "Polisi yang profesional tidak melibatkan bendera politik," katanya.

Keempat nama calon Kapolri adalah Kepala BNN Anang Iskandar, Kepala Bareskrim Sutarman, Kepala Divisi TI Polri Anis Angkawijaya, dan Kapolda Metro Jaya Putut Eko Bayu

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement