Kamis 20 Jun 2013 20:40 WIB

Alex Noerdin Lantik Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar

Rep: Maspril Aries/ Red: Djibril Muhammad
Alex Noerdin
Foto: ROL/Fafa
Alex Noerdin

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin, Kamis (20/6) melantik Muzakir Sai Sohar dan Nurul Aman sebagai Bupati – Wakil Bupati Kabupaten Muara Enim periode 2013 – 2018.

Pelantikan yang berlangsung dalam rapat paripurna istimewa DPRD Muara Enim tersebut dipimpin Ketua DPRD M Thamrin AZ. Muzakir menjabat Bupati Muara Enim untuk kedua kalinya setelah pada Pemilukada 5 Maret lalu yang berpasangan dengan Nurul Aman berhasil unggul dari tiga pasangan lainnya.

Dalam acara pelantikan yang dihadiri pejabat di antaranya Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Nugroho Widyotomo dan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Saud Usman Nasution, Gubernur Sumsel Alex Noerdin dalam sambutannya meminta bupati – wakil bupati harus mengutamakan program yang menyentuh kepentingan rakyat.

"Dengan lebih mengutamakan program yang menyentuh rakyat tersebut maka kesejahteraan warga akan semakin meningkat," katanya.

Gubernur Alex Noerdin juga mengingatkan pasangan Muzakir Sai Sohar dan Nurul Aman dalam menjalankan roda pemerintahan harus bersih dan bebas KKN sehingga pelayanan akan semakin baik.

"Penggunaan keuangan harus dilaksanakan sacara transparan supaya masyarakat lebih mengetahui arah akan pelaksanaan pembangunan di daerah Muara Enim," ujarnya.

Muzakir Sai Sohar yang juga menjabat Ketua DPD Partai Golkar Muara Enim, memulai karir politiknya sebagai anggota DPRD Kabupaten Muara Enim pa periode 1999-2004, kemudian pada 2004-2008 menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Muara Enim.

Saat menjabat wakil ketua tersebut, Muzakir maju sebagai calon wakil bupati berpasangan dengan Kalamudin Djinap yang merupakan bupati incumbent. Pasangan Kalamudin – Muzakir berhasil menang dan dilantik menjadi Bupati – Wakil Bupati Muara Enim periode 2008-2013.

Belum satu tahun masa pemerintahannya, Bupati Kalamudin meninggal dunia dan Muzakir Sai Sohar dilantik menjadi bupati definitif. Posisi wakil bupati yang kosong kemudian diisi Nurul Aman yang terpilih melalui pemilihan di DPRD Muara Enim. Kemudian pada pemilukada 2013 – 2018 padangan ini kembali maju dan berhasil menang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement